Penyembelihan Hewan Kurban di Bantul Menurun Tahun Ini

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Jumlah penyembelihan sapi di Bantul dalam momentum Hari Raya Idul Adha tahun 2020 menurun dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini jumlah sapi yang disembelih sebanyak 6.197 ekor, sementara tahun 2019 mencapai 6.434 ekor. Sementara untuk kambing justru meningkat, tahun 2019, 5.514 ekor kemudian tahun 2020 mencapai 5.714 ekor.

Usai perayaan Idul Adha, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan Bantul berupaya mengembalikan populasi sapi, domba maupun kambing. “Menurut data selisih sapi yang disembelih tahun 2019 dan 2020 ada penurunan 237 ekor. Kemudian kambing justru mengalami peningkatan,” ujar Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Bantul, Joko Waluyo SPt MSi, Senin (3/8).

Joko mengungkapkan, hasil pantauan dilapangan, selama pelaksanaan penyembelihan hewan kurban mayoritas berjalan lancar. Dari pantauan petugas, hewan yang terkontaminasi penyakit sangat rendah. Selain itu masyarakat dalam melaksanakan penyembelihan juga menerapkan protokol kesehatan. Joko mengungkapkan, setelah pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, pihaknya berupaya agar populasi sapi, domba dan kambing pulih.

Karena untuk memenuhi kebutuhan selama hari raya harus disupport dari luar Bantul. Oleh karena itu, program inseminasi buatan mesti di jalankan seperti sebelumnya. “Khusus kebutuhan sapi dan kambing diluar Hari Raya Idul Adhapun di Bantul sangat tinggi. Karena ada 34 jagal yang setiap hari menyembelih sapi untuk memenuhi kebutuhan pasar. Demikian juga dengan kambing setiap hari harus ada ratusan ekor kambing untuk memenuhi kebutuhan kuliner,” ujar Joko.

Dengan fakta tersebut, Joko mengakui bahwa kebutuhan sapi maupun kambing di Bantul tidak mungkin terpenuhi jika bertumpu pada peternak lokal, harus disupport dari daerah lain. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI