Penyembelihan Mesti Jaga ‘Perikehewanan’

BANTUL (KRjogja.com) – Puluhan takmir masjid dan tokoh masyarakat di Bantul mengikuti pembekalan  terkait persiapan pelaksanaan Hari Raya Idul Ahda di Kantor Dinas Pertanian Kehutanan Bantul. Pelatihan itu tersebut diberikan agar masyarakat tepat dalam memperlakukan hewan kurban sebelum disembelih. Program perdana itu lebih fokus pada pemberian pengetahuan masyarakat bagaimana caranya hewan tidak stres sebelum disembelih.

"Kami berikan pembekalan kepada takmir, karena memperlakukan hewan kurban sebelum disembelih itu ada ilmunya," ujar Plt Kepala Dinas Pertanian Kehutanan Bantul, Ir Pulung Hariyadi MSc, Rabu (31/8/2016).

Pulung mengatakan, materi yang diberikan diantaranya perlakuan hewan sebelum disembelih, cara menjatuhkan hewan, cara penyembelihan. Termasuk pengetahuan terkait dengan pemberian nutrisi kebutuhan hewan. Terkait dengan dampak jika perlakuan  tidak tetap sejauh ini tidak berpengaruh pada kualitas daging.

"Program ini terkait bagaimana agar hewan itu tidak stres, tetap sehat. Ini bentuk rasa kehewanan kita sebagai manusia," ujar Pulung.

Terkait pemeriksaan pemeriksaan kesehatan dilapangan. Sejauh  ini petugas belum menemukan hewan tidak layak untuk disembelih. Pihaknya sudah memeriksa disejumlah lokasi jual beli hewan kurban.  Selain itu, petugas juga mengedukasi masyarakat terkait hewan layak untuk disembelih. (Roy)

BERITA REKOMENDASI