Penyusunan Dokumen Kebencanaan Berbasis IT

Editor: Ary B Prass

BANTUL, KRJogja.com – Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) LPPM UAD memberikan pelatihan pembuatan dokumen penanggulangan bencana berbasis IT di Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB) / MDMC PDM Kabupaten Bantul. Tim  terdiri Murinto, M. Kom, Rusdianto, MSc serta Dedi Wijayanti, MHum. Program tersebut bertujuan mengadakan pelatihan dalam pembuatan dokumen digital terkait penangulangan bencana di masa pandemi Covid-19.
Selain itu juga mengadakan pendampingan pembuatan literasi digital/buku e-tronik mengenai kesiapsiagaan menghadapi bencana sebagai bahan bacaan di sekolah-sekolah Muhammadiyah di Bantul.
Dedi Wijayanti, MHum, Minggu (20/6/2021) mengatakan,  pelatihan dan pendampingan dilakukan bertahap di ruang rapat Gedung Dakwah PDM Bantul dari awal hingga produk jadi. Mitra dalam program pengabdian ini ialah,  Lembaga Penanggulangan Bencana PDM (Pimpinan Daerah Muhamadiyah) Bantul.
Lembaga penanggulangan bencana atau Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Bantul lembaga yang bertugas mengkoordinasikan mobilisasi sumberdaya Muhammadiyah dalam tanggap darurat bencana, mitigasi dan kesiapsiagaan bencana. Termasuk rehabilitasi pasca bencana. Dalam pelaksanaannya dibutuhkan komunikasi dan koordinasi dengan seluruh jajaran pimpinan, majelis, lembaga, amal usaha, organisasi otonom dan kader Muhammadiyah.(Roy)

BERITA REKOMENDASI