Peran Perempuan dalam Mengambil Keputusan

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Emansipasi mengantarkan perempuan untuk mempu mengambil peranan lebih dalam kehidupan saat ini. Sudah bukan saatnya lagi kaum Hawa hanya berkutat pada urusan dapur dan merawat rumah saja. Pintu emansipasi telah mengantarkan perempuan untuk mampu berkarya maupun mengambil keputusan sejajar dengan kaum pria.

“Perbedaan antara perempuan dan laki laki seharusnya tidak menjadi sebuah masalah yang dapat menyebabkan kesenjangan antara keduanya. Banyak pandangan yang seakan akan menilai posisi perempuan selalu lebih rendah dibanding laki laki termasuk dalam pengambilan keputusan,” ungkap Anggota DPRD Prov DIY, Ir Atmaji dalam kegiatan pelatihan di Balai Desa Srigading, Rabu (28/03/2018).

Menurutnya cukup banyak perempuan yang berkiprah untuk membangun negeri ini. Ada juga diberbagai organisasi bisa memotivasi perempuan untuk dapat berperan lebih dalam pengambilan keputusan. “Kalau perempuan sudah mampu mengambil keputusan maka posisinya sudah setara laki laki," tambahnya.

Kendati demikian Atmaji tetap menegaskan kepada kaum perempuan untuk tidak melupakan kodratnya sebagai istri maupun ibu rumah tangga. Menurutnya emansipasi harus diartikan antara hak dan kewajiban perempuan harus mampun dilaksanakan secara beriringan.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Perempuan dan Masyarakat (BPPM) DIY ini dihadiri perwakilan dari BPPM DIY Dra Arida Utami MKes, Kasi Kemas Kecamatan Sanden Tumijan, Lurah Srigading Wahyu Widodo serta ratusan ibu-ibu Desa Srigadin. Babinsa Koramil Sanden Serma Karnadi juga tutut hadir mewakili Danramil dalam kegiatan itu. (Van)

BERITA REKOMENDASI