Peran Teknologi 4.0 dalam pengembangan Industri Batik dan Kerajinan

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai rangkaian Peringatan Hari Batik Nasional 2020, Balai Besar Kerajinan dan Batik (BBKB) menyelenggarakan Seminar Nasional Industri Kerajinan dan Batik (SNIKB) II tahun 2020. Dengan tema “Peran Teknologi 4.0 Dalam pengembangan Industri Batik dan Kerajinan” bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengembangan terkait industri kerajinan dan batik. Juga untuk  berbagai gagasan dan pemikiran dari kalangan industri, pemerintahan, perguruan tinggi ataupun profesional dalam bidang kerajinan dan batik mengenai inovasi yang dapat dilakukan untuk memperkuat industri kerajinan dan batik Indonesia di era Revolusi Industri 4.0. Adapun seminar diselenggarakan secara virtual.

Kepala BPPI Dr. Ir. Dody Rahadi, MT, Selasa (7/10) menuturka  teknologi memegang peranan yang penting dalam  penerapan Making Indonesia 4.0 di industri. Penerapan teknologi tersebut  dimaksudkan untuk mengingkatkan produktivitas dan efisiensi di dunia industri sehingga nantinya akan meningkatkan daya saing produk.

Peningkatan daya saing dan pemanfaatan teknologi 4.0 lainnya diharapkan akan mendorong mempercepat pemulihan ekonomi kerajinan dan batik, yang hampir semuanya merupakan industri kecil dan menengah (IKM). IKM  juga merupakan rantai pasok IKM lainnya dan atau industri besar.

BERITA REKOMENDASI