Perbaikan Jalan Rusak Tersendat

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Setiap tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul menganggarkan dana sekitar Rp 3 miliar bagi pemeliharaan jalan. Meski demikian hingga saat ini pemeliharaan dan perbaikan jalan rusak masih tersendat. Bahkan ada ruas jalan rusak yang dilaporkan setahun sebelumnya, hingga kini belum juga diperbaiki.

Komisi B DPRD Bantul pun merekomendasikan eksekutif untuk memiliki skema anggaran jalan yang tidak terikat pada ruas jalan tertentu. ”Sehingga kapan dan dimanapun ada kerusakan jalan, bisa langsung ditangani. Karena itu wujud pelayanan pemerintah atas rakyat yang selama ini telah berkontribusi membayar pajak,” tandas anggota Komisi B DPRD, H Setiya.

Menurut Setiya, Bupati sudah berkomitmen memberikan pelayanan terbaik melalui visi Bantul Sehat Cerdas dan Sejahtera. Salah satunya dengan infrastruktur yang memadai sehingga terjadi pertumbuhan dan distribusi ekonomi. Meski demikian dirinya tidak mengetahui teknis persoalan tersendatnya perbaikan jalan yang kerap dikeluhkan masyarakat.

Setiya berharap keluhan jalan rusak segera direspons dengan cepat, apalagi hal itu erat kaitannya dengan kesiapan Pemkab Bantul dalam mengedepankan pelayanan ke masyarakat. ”Biasanya warga mengeluhkan telat membayar pajak sehari saja didenda. Ini jalannya rusak dibiarkan bertahuntahun. Sungguh tidak adil,” tegasnya.

Dirinya juga mendesak agar Organisasi Perangkat Daerah terkait dapat lebih proaktif memberikan pelayanan kepada masyarakat. Menurutnya, akses jalan yang aman dan nyaman merupakan harapan warga Bantul seluruhnya.

”Kami sudah melaporkan kondisi jalan-jalan rusak di Bantul sejak setahun yang lalu. Beberapa jalan yang sudah terlaporkan oleh Pemkab Bantul, juga sudah ditambal beberapa bagian yang berlubang. Namun belum pada perbaikan keseluruhan. Hanya ditambal saja sehingga kini sudah rusak parah lagi,” jelasnya.

Sebelumnya, Prapto (45), salah satu warga kawasan Banguntapan, mengeluhkan kawasan jalan yang berada di depan Pasar Ngipik Baturetno Banguntapan mengalami kerusakan yang cukup parah. (Aje)

BERITA REKOMENDASI