Perbup Covid-19 Dikeluarkan, Tak Pakai Masker Terancam Denda Rp100 Ribu

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai antisipasi dan menekan transmisi lokal penyebaran Covid-19 di Bantul, Bupati Bantul, Drs H Suharsono mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup). Sementara dalam Perbup tersebut mengatur protokol kesehatan yang harus ditaati warga saat era pandemi. Dalam Perbup juga diatur saat bepergian dan berada di kawasan keramaian diwajibkan memakai masker. Apabila ada yang tidak menaati terancam denda

Bupati Bantul, Drs H Suharsono didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Bantul, Helmy Jamharis Kamis (23/7) menuturkan pihaknya telah mensosialisasikan Perbup utamanya pada pedagang pasar, dan beberapa aktivitas keramaian publik untuk wajib memakai masker, PHBS, cuci tangan dan jaga jarak. Adapun Perbup No. 79/2020 berisi tentang Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru dengan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19.

Ditambahkannya Perbup dibuat karena posisi kasus Covid-19 makin banyak. “Aktivitas masyarakat tidak bisa dihentikan selamanya. Dan Pemkab tidak dapat meminta terus menerus warga berada di dalam rumah dan tidak melaksanakan aktivitas ekonomi. Maka dengan adanya Perbup diatur mengenai aktivitas masyarakat agar tidak menjadi sumber penularan,” tegasnya.

BERITA REKOMENDASI