Perbup Covid-19 Dikeluarkan, Tak Pakai Masker Terancam Denda Rp100 Ribu

Adapun substansi Perbup supaya setiap warga atau orang yang datang ke Bantul harus tahu penyebaran Covid-19 di wilayahnya masing-masing. “Sanksi yang ada bukan tujuannya tetapi mengajak setiap orang menerapkan kebiasaan baru dalam beraktivitas,” jelasnya.

Adapun sanksi pelanggaran tidak menggunakan masker seperti teguran , larangan memasuki kegiatan masyarakat, pembinaan edukatif dan penahanan KTP selama 14 hari dan denda Rp 100 ribu. Bagi pelaku usaha yang tidak mematuhi diminta pembubaran paksa dan pencabutan izin usaha. Untuk pelaku perjalanan upaya arahan karantina dan denda administrasi Rp 50 ribu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Agus Budi Raharjo,M.Kes menambahkan meski tempat wisata sudah mulai dibuka namun pihaknya belum menemukan sektor wisata menjadi klaster penyebaran Covid-19.
“Dari 17 kecamatan hanya ada satu Kecamatan yakni Kretek yang tidak ada kasus. Padahal pariwisata unggulan ada di Kecamatan Kretek,” tegasnya.

Sementara di Bantul ada 3 Puskesmas yang ditutup akibat tenaga kesehatan (nakes) dinyatakan terpapar Covid-19. 3 Puskesmas yakni Puskesmas Sewon 2, Puskesmas Bantul 2 dan Puskesmas Sedayu 1. (Aje)

BERITA REKOMENDASI