Percepat Herd Immunity, 1.500 Warga Bantul Jalani Vaksinasi di Kampung Batik Giriloyo

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – 1.500 warga masyarakat Bantul terdiri dari pegiat wisata, pelaku UMKM, pelajar, pegiat kreatif seni dan budaya serta beberapa komunitas, menjalani vaksinasi dosis pertama di Gazebo Kampung Batik Giriloyo Wukirsari Imogiri, Kamis (9/9/2021). Vaksinasi terwujud berkat kerjasama PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan Kedaulatan Rakyat didukung Relawan Sonjo, Kodim 0729 Bantul dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul.

Sebelumnya, warga mendaftar melalui aplikasi untuk mengikuti vaksinasi. Program vaksinasi dibuat semakin mudah mendekat ke warga masyarakat untuk mempercepat pemulihan perekonomian Indonesia, khususnya Yogyakarta.

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih meninjau langsung vaksinasi di Giriloyo hari ini. Ia berharap semakin banyak masyarakat yang ikut serta dalam vaksinasi sehingga kekebalan komunal di Bantul segera terwujud dan kegiatan masyarakat bisa berjalan seperti sediakala.

“Giriloyo ini penting untuk pariwisata dan UMKM di Bantul, sehingga warga harapannya bisa memiliki kekebalan komunal. Vaksinasi ini menjadi hal penting agar warga tidak takut tidak migrah-migrih dalam berkegiatan. Insyaallah PPKM Level 3 akan segera turun dan kita siap menyambut wisatawan dengan tetap menjaga protokol kesehatan,” ungkap Halim.

Hal senada juga disampaikan GKR Condrokirono yang hadir langsung meninjau pelaksanaan vaksinasi. Ia berharap, semakin banyak masyarakat yang dimudahkan mengakses vaksin sehingga kekebalan komunal segera terbentuk di wilayah DIY.

“Ngarsa Dalem bilang kalau vaksinasi sudah 80 persen maka wisata bisa dibuka, sekolah bisa tatap muka tentu juga ketika kasus terus menurun. Vaksinasi ini harapan kami bisa mempercepat proses herd immunity di DIY dan saat ini Bantul pada khususnya. Kita berharap bersama agar kegiatan masyarakat bisa berjalan seperti sediakala,” ungkapnya usai meninjau vaksinasi.

Sementara, Gregorius Sigit Purwanto, Kepala Cabang Daihatsu Yogyakarta mengatakan vaksinasi bertajuk Vaksinasi Sedulur Daihatsu ini merupakan yang pertama kali di DIY. Kedepan pihaknya akan berkeliling di Kulonprogo, Gunungkidul dan Sleman untuk mendekatkan vaksin ke warga masyarakat setempat.

“Siapa saja warga yang ingin ikut jadi peserta bisa mengisi pendaftaran melalui link: tinyurl.com/sedulurbantul, kemudian nanti akan mendapat QR code via WA atau SMS untuk mengetahui jadwal vaksin, yang nantinya itu menjadi syarat memasuki area vaksin. Kami berupaya membantu mempercepat program vaksinasi untuk membentuk herd immunity,” tandas dia.

Untuk menghindari kerumunan dan mempercepat alur vaksinasi panitia telah menyiapkan beberapa prosedur yang harus dilakukan peserta. Sebelum masuk ke area preregistrasi peserta wajib cek suhu dan cuci tangan, peserta akan diminta menunjukkan QR Code untuk masuk ke area registrasi sesuai arahan dari petugas. Kemudian peserta vaksin menuju meja registrasi, dan peserta harus menyerahkan data yang telah di berikan di bagian pre-registrasi.

Setelah melakukan regristrasi, peserta langsung menuju ke area tes kesehatan, mengikuti arahan dari petugas, akan ada tenaga medis yang akan melayani tes kesehatan. Setelah memenuhi syarat maka peserta langsung menuju ke area vaksinasi dan terdapat tenaga medis yang akan melakukan vaksinasi. Setelah Vaksinasi peserta harus menunggu dulu sebentar diarea observasi untuk memperoleh kartu vaksin dan cap yang akan di gunakan untuk Vaksinasi Dosis 2. Setelah itu peserta vaksinasi bisa foto di photobooth. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI