Percepatan Pembangunan di Bantul, Pemda Mesti Akses Dana Pusat

BANTUL, KRJOGJA.com – Peletakan batu pertama pembangunan jembatan  gantung di Dusun Ngampon Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Bantul dilakukan anggota Komisi V DPR RI, Drs HM Idham Samawi, Kamis (29/8/2019). Pembangunan infrastuktur jembatan di Ngampon, hanya salah satu, dari beberapa jembatan yang dibangun lewat dana aspirasi.  

Baca Juga: Warga Caturharjo Curhat, Idham Ajak Masyarakat Berjuang Bersama

Kehadiran jembatan tersebut diharapkan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat Piyungan, Banguntapan dan sekitarnya. Jembatan sepanjang 60 meter dengan lebar 1,7 meter akan diperkirakan Desember sudah bisa dilalui. 

"Jembatan gantung di Ngampon ini merupakan  aspirasi dari Pak Idham Samawi, mohon doa restunya semoga bisa selesai akhir Desember 2019. Selain dilokasi ini lewat aspirasi Pak Idham juga dibangun jembatan jembatan Gantung Kemiri Bejiharjo Gunungkidul, jembatan Gantung Nambangan Desa Seloharjo Kecamatan Pundong Bantul serta Jembatan Gantung Ngleri Playen Gunungkidu, kalau jembatan gantung Tegaldowo sudah selesai," ujar Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Wilayah VII, Ir Akhmad Cahyadi MEng Sc disela pelatakan batu pertama pembangunan jembatan gantung. 

Dalam acara itu juga dihadiri anggota DPRD DIY, Joko Purnomo , Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo ST, anggota Fraksi PDIP Yuni Astuti, Lurah Sitimulyo H Juweni SE. Akhmadi mengatakan, jika jembatan Gantung Ngampon membentang diatas Sungai Opak itu punya diproyeksikan mampu menopang perekonomian warga Piyungan dan sekitarnya. Menurutnya pembangunan sekarang ini mulai dari pinggiran karena sangat diperlukan oleh masyarakat. Oleh karena itu pembangunan jembatan gantung Nambangan juga akan segera diselesaikan tahun ini. 

"Untuk jembatan gantung di Nambangan itu memang terkendala belum tersedianya rangka. Tetapi saat ini sudah siap dan harapan kami Desember 2019 sudah selesai," ujar Akhmad.  

Jembatan tersebut hanya bisa dilalui kendaraan roda dua dan pejalan kaki maksimal 40 orang. Nantinya setelah jembatan tersebut selesai dibangun kemudian diserahkan kepada pemerintah Kabupaten Bantul. 

Sementara Lurah Sitimulyo Piyungan Bantul, H Juweni SE mengatakan, pembangunan jembatan  tersebut sangat bermanfaat bagi Sitimulyo. Sudah lama masyarakat merindukan adanya jembatan, namun baru kali ini impian tersebut terealisasi. Dengan jembatan tersebut bisa membuka peluang aneka ragam  bisnis. "Kawasan Piyungan ini terdapat kawasan industri, sehingga bisa mendukung aktivitas tenaga kerja di kawasan itu," ujarnya. 

Baca Juga: Cabup PDIP, Idham Pastikan Sesuai Aspirasi Akar Rumput‎

Sementara Drs HM Idham Samawi mengatakan, pembangunan jembatan itu wujud perhatian pemerintah terhadap rakyatnya. Oleh karena dengan dibangunnya jembatan tersebut warga harus bersyukur. "Wujud syukur tersebut diimplementasikan dengan menjaga , merawat dan memanfaatkan untuk usaha produktif," ujar Idham.  

Oleh karena itu Idham minta agar pemerintah daerah lebih aktif mengakses dana dari pemerintah pusat. Karena tidak mungkin pemerintah daerah bisa maksimal melaksanakan pembangunan dengan  mengandalkan APBD.(Roy)

BERITA REKOMENDASI