Perempuan Kuat Hadapi Dampak Korona

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pandemi Covid-19 membawa dampak buruk pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang banyak dikelola kaum perempuan. Keengganan beraktivitas di luar rumah, membuat permintaan produk UMKM menurun.

“Kelompok usaha yang dikelola perempuan nampaknya cukup kuat untuk bisa menghadapi dampak ini,” ujar Ketua Daya Annisa, Wahyu Heniwati Ketua Daya Annisa, Rabu (22/04/2020). Daya Annisa merupakan lembaga pemberdayaan perempuan untuk pengembangan ekonomi berkelanjutan,.

Lembaga ini memiliki anggota perempuan yang bergerak di bidang usaha mikro. Saat ini anggota yang aktif 554 orang dengan beragama usaha. Kebanyakan berada di Bantul.

Di tengah pandemi Covid-19, tetap berkomitmen tetap melakukan pendampingan pada anggota, bahkan tetap memberikan bantuan modal kerja. Pemberian modal ini dengan mempertimbangkan ada sisi usaha yang justru naik permintaan pasar misalnya makanan. Terlebih usaha tersebut sudah banyak pelanggan. Dengan merubah pola penjualan secara online. Mereka tetap bertahan bahkan menambah pelanggan baru.

BERITA REKOMENDASI