Perguruan Tinggi Pariwisata Indonesia Cari Cara Taklukkan “IT Tourism”

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – 80 perguruan tinggi pariwisata yang tergabung dalam Himpunan Lembaga Pendidikan Tinggi Pariwisata Indonesia (Hildiktipari), menggelar Rapat Kerja Nasional di Stipram Yogyakarta Jumat (11/10/2019). Beberapa isu dibahas termasuk tantangan perguruan tinggi di era industri 4.0 yang wajib menaklukkan “IT Tourism”.

Ketua Hildiktipari, Suhendroyono mengatakan tahun ini rapat kerja nasional berusaha menjawab isu yang berkembang khususnya menyangkut keberadaan perguruan tinggi pariwisata. Dalam rapat kerja, Hildiktipari membentuk komisi pendidikan, organisasi dan kurikulum yang nantinya akan menyusun rekomendasi sebagai acuan dasar arah kedepan.

“Kami bahas banyak hal seperti perubahan kurikulum, jeleknya prestasi perguruan tinggi Indonesia hingga impor rektor asing, isu akreditasi, pengurangan jumlah perguruan tinggi karena dinilai terlalu banyak termasuk isu kebijakan pemerintah akan dihilangkannya program studi sekolah tinggi,” ungkap Suhendroyono di sela acara.

Pria yang juga Ketua Stipram ini menyampaikan di tahun 2019 ini seluruh perguruan tinggi pariwisata memiliki konsern untuk mengurai IT Tourism yang begitu lekat dengan industri pariwisata nasional. Pembahasan mendalam tentang kurikulum yang sesuai dengan perkembangan masa dilakukan untuk nantinya menjadi panduan perguruan tinggi di bawah Hildiktipari.

“Masa sudah berubah, tak bisa lagi pakai kurikulum lama karena pariwisata lekat dengan perkembangan IT. Model pariwisata masyarakat sekarang berubah dan SDM kita harus siap. Jangan sampai pariwisatanya punya kita tapi yang menguasai dari luar negeri,” tandas dia.

Sementara untuk menutup rangkaian rapat kerja nasional, Hildiktipari akan mengundang Didi Kempot yang beberapa waktu belakangan membuat masyarakat dalam dan luar negeri penasaran. Didi Kempot akan diminta bernyanyi serta menyampaikan salah satu ciri khas budaya Indonesia yang selalu membuat masyarakat di luar negeri tertarik datang. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI