Peringatan HKSN di Bantul, Wujudkan Kepedulian Sesama

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Pada Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (KHSN) 2021 ini diharapkan ada perbaikan di masing- masing elemen Pemkab Bantul dan seluruh relawan maupun masyarakat, agar mampu mewujudkan kepedulian kepada sesama. Karena kesetiakawanan itu merupakan ciri adat budaya Bangsa Indonesia.

Hal tersebut ditekankan Wakil Bupati Bantul Joko Purnomo pada upacara peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2021 Pemkab Bantul yang digelar di Halaman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Patalan Bantul, Selasa (7/12). “Juga bagaimana bisa memberikan dorongan kepada masyarakat, terutama yang mempunyai kepedulian terkait kesetiakawanan Nasional,” ungkapnya.

Sementara PLt Kepala Dinas Sosial P3A Bantul, Gunawan Budi Santoso SSos MH selaku Ketua Penyelenggara melaporkan, peringatan HKSN 2021 ini mengambil tema ‘ Perkokoh Solidaritas Indonesia Sejahtera” , dengan maksud menanamkan jiwa kesetiakawanan sosial kepada seluruh masyarakat . Kesetiakawanan adalah nilai dasar yang terwujud dalam bentuk pikiran, sikap dan tindakan saling peduli dan berbagi yang dilandasi oleh kerelaan , kesetiaan, kebersamaan , tolerensi dan kesetaraan guna meningkatkan harkat, martabat dan harga diri setiap warga Indonesia.

Tujuannya untuk membangun ingatan kolektif seluruh elemen masyarakat Indonesia tanpa kecuali, agar nilai- nilai kesetiakawanan sosial tetap kuat sebagai modal sosial. Sebagai stimulus gerakan peduli dan aksi sosial di masyarakat dalam bentuk apapun, sehingga dapat menimbulkan kerekatan sosial , meminimalisir kesenjangan sosial dan menciptakan kedaulatan sosial.

Sedangkan pelaksanaan HKSN 2021 di Bantul, karena masih dalam masa pandemi Covid-19 maka dikemas lebih sederhana tetapi tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Yakni dilakukan kegiatan pembagian 420 paket Sembako dari Dinas Sosial P3A Bantul kepada warga disabilitas, anak yatim piatu, lansia, dhuafa dan pengemudi becak. Bantuan yang sama juga diserahkan dari FK TKS, Ikatan Pekerja Sosial, LKS/ LKSA, WKSBM. Diakhiri ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Bantul dipimpin Wakil Bupati Bantul. (Jdm)

 

BERITA REKOMENDASI