Peringati Dies Natalis ke-58, UNY Gelar Bakti Sosial

BANTUL, KRJOGJA.com – Dalam rangka memperingati dies natalis ke-58, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menggelar bakti sosial di Science Techno Park UNY, Dusun Pagergunung 2, Sitimulyo, Piyungan Bantul, Rabu (18/5/2022). Dalam kegiatan tersebut diberikan bantuan 100 paket pendidikan, dan bantuan 400 paket sembako bagi warga setempat.

Rektor UNY Prof Sumaryanto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini menunjukkan bahwa keberadaan UNY, baik itu individunya atau lembaganya harus berguna bagi lingkungan. “Baksos UNY paling banyak dilakukan di daerah Bantul seperti Imogiri, Dlingo, dan sekarang di STP Piyungan,” kata Sumaryanto.

Dipilihnya, Dusun Pager Gunung 2, Desa Sitimulyo, sebagai desa lokasi pelaksanaan bakti sosial ini dikarena Desa Sitimulyo, Piyungan, Bantul, saat ini telah meraih predikat sebagai Desa Budaya, Desa Prima, dan Desa Preuner. Dengan kondisi tersebut, UNY ingin turut berkontribusi dalam meningkatkan puncak prestasi yang harus diraih, yakni menjadi Desa Wisata.

Untuk menuju Desa Wisata, dalam kegoatan kemarin juga digelar produk kreatif berupa kegiatan pameran hasil pelatihan eco-print, produk-produk hasil kerajinan tangan dan kuliner dari masyarakat. Selain itu juga ditampilkan kesenian-kesenian yang berkembang di Desa Sitimulyo dan kesenian hasil pelatihan oleh dosen dan mahasiswa UNY.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul Drs. Didik Warsito mewakili Bupati Bantul merasa gembira atas penunjukan Science Techno Park di wilayah Piyungan sebagai wujud kepercayaan UNY pada Kabupaten Bantul. “Harapannya kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar,” katanya.

BERITA REKOMENDASI