Persoalan Air Jangan Bebani Kehidupan Warga

BANTUL, KRJOGJA.com – Taruna siaga bencana (Tagana) DIY  masih  gencar melakukan droping air bersih ke sejumlah daerah di DIY. Merujuk data Tagana DIY hingga September 2017 ini sekitar 1300 tangki air bersih sudah didistribusikan ke daerah kering. Dari jumlah itu 1000, diantaranya alokasi dari pemerintah, sementara sisanya dari sejumlah CSR pihak ke ketiga. Sementara itu puluhan warga Bojong Desa Wonolelo  Pleret Bantul, Minggu (1/10/2017) sedikit bernafas lega setelah alumni SMP N  Sanden  tahun 1974  memberikan bantuan air bersih dikawasan itu.

Komandan Tagana DIY Dony Kristanto mengatakan, hingga kini permintaan air bersih masih saja datang. Hujan turun dalam beberapa hari terakhir dinilai belum mampu menyelesaikan persoalan air bersih. Dony menjelaskan, sampai sekarang ini permintaan air bersih banyak datang dari Gunungkidul dan  Bantul. “Memang sudah hujan, tetapi ketika masyarakat masih membutuhkan air bersih akan kami kirim sesuai kebutuhan. Karena awal penghujan ini belum meningkatkan debit air,” ujar Dony.

Sementara Ny Tarjiyem warga Bojong mengungkapkan, air bersih sudah bertahun – tahun jadi persoalan masyarakat yang tidak kunjung  terselesaikan. “Dikampung ini ada sumber air dan disalurkan ke rumah rumah, tetapi debitnya sangat kecil. Sistemnya harus  bergantian supaya air bisa rata sampai rumah,” ujarnya.

Oleh karena itu sebagai warga pihaknya minta agar pemerintah itu mengeluarkan kebijakan  baru agar kehidupan warga  tidak terus terbebani  dengan terbatasnya air. Perempuan itu mengungkapkan, khusunya wilayahnya salam sepekan hanya mendapat jatah dua kali mendapat  air dari saluran. Menurutnya ketika dalam sepekan hanya mendapat dua kali jatah aliran, kebutuhan sudah pasti kacau.

Sementara Ketua Alumni SMP N Sanden angkatan tahun 1974, Subiyanta Hadi mengungkapkan selain melakukan droping air bersih ke Bojong sebanyak lima tangki. Sebelumnya alumni 74 juga melakukan baksos bersama anak yatim di Srandakan Bantul. Menurutnya bantuan air bersih tersebut diberikan kepada warga Bojong untuk ikut meringankan beban terkait terbatasnya air bersih. (Roy)

BERITA REKOMENDASI