Personel Damkar Bantul Kantongi Sertifikat Nasional

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Regu Pemadam Kebakaran (Damkar) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul terus menambah jumlah posko baru di wilayah kecamatan. Tahun 2020 mendatang tiga posko akan dibuka atau diresmikan yakni, di Kecamatan Sedayu, Pundong serta Kecamatan Piyungan. Tiga posko baru tersebut akan melengkapi tiga posko yang sudah ada sebelumnya yakni Kecamatan Banguntapan, Imogiri dan Kecamatan Kasihan.

"Sekarang ini  yang sudah ada pos pemadam di Kecamatan Banguntapan, Kasihan, Kecamatan Imogiri serta di kantor BPBD," ujar Koordinator Pemadam Kebakaran BPBD Bantul, Muhammad Khamdani didampingi Wakil Koordinator Damkar Kabupaten Bantul, Yohanes Widyatmoko Kamis (26/12).

Muhammad Khamdani mengatakan, saat ini Damkar BPBD Bantul punya delapan unit armada, 4 unit berada di kantor BPBD Bantul dan ditiga wilayah. Sementara Damkar Bantul kini ditopang, anggota berjumlah 75 personel. Bahkan  dari jumlah itu, 55 orang  sudah bersertifikat yang dikeluarkan pemerintah pusat.
Tidak hanya itu, sebagai upaya agar kemampuan  personel tetap terjaga. Personel Damkar Bantul dalam tiga  bulan sekali dilakukan latihan bersama dalam skala besar. Selain itu, secara rutin Damkar juga melakukan latihan kecil di masing-masing  pos.  “Kemampuan personel Damkar harus terjaga, salah satunya dengan latihan rutin,” jelasnya.

Menurut Khamdani, tantangan yang dihadapi Damkar ke depan tidak mudah. "Medan yang kita tangani diperkirakan tidak mudah,  banyak bangunan bertingkat terus tambah, kepadatan rumah warga juga terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan penduduk. Itu jadi tantangan tersendiri bagi kami," ujar Khamdani. Oleh karena itu dengan 55 personel Damkar Bantul pemegang sertifikat dengan dukungan semua potensi bisa jadi tulang punggung menangani setiap peristiwa. “Hingga 25  Desember tahun 2019 ini 228  peristiwa kebakaran ditangani Damkar Bantul,” jelasnya.

Terkait pengamanan Natal dan Tahun Baru 2019, Damkar BPBD Bantul siaga di Mako Kantor BPBD dan di wilayah. "Damkar BPBD Bantul  ikut dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, tetapi kami siaga di Kantor BPBD, Kecamatan Imogiri, Banguntapan dan Sedayu," ujar Muhammad Khamdani.  Dengan siaga dimasing -masing  wilayah, Damkar BPBD Bantul bisa cepat merespons laporan dari masyarakat. (Roy)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI