Pesta Akbar Gerobak Sapi Kembali Digelar

BANTUL (KRjogja.com) – Bajingers community bersama Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, kembali menggelar event tahunan Festival Gerobak Sapi Wisata 2016. Festival yang digelar di stadion Sultan Agung, Bantul, pada 24 – 25 September ini merupakan festival yang keempat kalinya.

Pada festival gerobak sapi (FGS) 2016, digelar berbagai lomba untuk para pemilik gerobak (para bajingan), di antaranya adalah karnaval, custom dan balapan gerobak. Pun juga akan dipilih bajingan dengan penampilan terbaik dari sisi pakaian yang dikenakan saat mengikuti festival. Hadiah yang diperebutkan, selain piala bergilir Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X serta GKR Hemas, juga uang yang nilainya jutaan rupiah.

"Jumlah peserta yang ikut kali ini mencapai 246 gerobak. Jumlah ini meningkat dibanding FGS sebelumnya. Tahun lalu, misalnya mencapai 220-an," ujar Wakil ketua panitia FGS 2016, Nuryanto sebagaimana keterangan persya, Rabu (21/09/2016).

Menurut Nuryanto, para peserta yang mencapai ratusan gerobak,  pada Sabtu (24/9) sore, pukul 15.00, dengan start dari stadion Sultan Agung akan berarakan melintasi jalan Imogiri Timur dan jalan Imogiri Barat. Usai melakukan karnaval, para pengendara gerobak sapi ini, malamnya sekitar pukul 19.00 akan mengadakan dialog dengan Gubernur DIY beserta jajaran pejabat teras di lingkungan Pemerintahan DIY. 

"Kami ingin mendapat arahan bagaimana memajukan festival yang kemudian bisa menjadi event andalan DIY. Sebagaimana telah diketahui bahwa festival gerobag sapi tiada duanya di Indonesia. Kami bertekad tahun depan akan digelar di Candi Prambanan,  ikon pariwisata Jogja," kata Bowo Harsono, Ketua Panitia FGS 2016.

Bowo berharap, mengingat event pada tahun mendatang menjadi tantangan, maka panitia akan meluaskan peserta yang selama ini didominasi wilayah DIY dan Jawa Tengah. (*)

BERITA REKOMENDASI