Petani Berharap Pemkab Rehab Tempat Lelang

Editor: KRjogja/Gus

SANDEN, KRJogja.com – Petani lahan pasir Samas yang tergabung dalam Kelompok Tani Manunggal berharap pemerintah Bantul memperbaiki bangunan untuk lelang cabai merah. Karena sejak beberapa tahun lalu , bangunan yang lokasinya di selatan Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Samas tidak bisa difungsikan. Sedang untuk keperluan aktivitas pelelangan cabai petani meminjam tempat milik warga di Dusun Tegalrejo Srigading Sanden Bantul.

“Bangunan itu awalnya memang untuk kegiatan lelang komoditas pertanian, tetapi waktu itu hanya dipakai lima kali musim panen  atau  lima tahun setelah itu rusak atas bangunan pada lepas,” ujar anggota  Kelompok Tani Manunggal Sanden Danang Ari Nugroho , Minggu (29/9).

Dijelaskan, setelah bangunan rusak, petani memutuskan pinjam tempat milik warga jika ada kegiatan lelang.  Tetapi petani juga khawatir jika sewaktu -waktu tempat yang sekarang dipakai lelang sudah tidak boleh digunakan lagi.

“Kami hanya khawatir saja misalnya tempat yang saat ini kami pinjam  tidak boleh digunakan lagi, kami akan  kesulitan mencari bangunan seluas ini. Meski begitu kami yakin tempat ini boleh dipakai terus,” ujar Danang.

Tetapi alangkah baiknya jika bangunan yang sekarang rusak itu diperbaiki agar bisa difungsikan. Sebenarnya petani sudah minta agar kerusakan diperbaiki. Namun hingga kini belum direspons.

Petani telah  mengajukan permohonan agar tempat lelang cabai itu diperbaiki dengan mengganti atap dengan rangka kayu bukan  besi seperti sekarang ini. Terpisah Plh Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan Bantul, Ir Bambang Pin Erwanto mengatakan, pada prinsipnya pemerintah daerah akan segera melakukan pengecekan ke lokasi terkait proses awal  pembangunan waktu itu. Pengecekan dilakukan terkait instansi mana yang membangun waktu itu.
“Jika dalam dokumen diketahui yang membangun pemerintah Bantul tentu kita akan usulkan perbaikan, tetapi jika yang membangun pemerintah DIY akan segera dilaporkan,” ujar Bambang Pin. (Roy)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI