Petani Brambang Bagikan Bawang Merah Gratis

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Petani bawang merah di Kabupaten Bantul menggelar aksi membagikan bawang merah hasil tanamnya kepada warga dan pengguna jalan di perempatan Dongkelan Bantul, Jumat (23/08/2019). Sekitar satu kuintal bawang merah disiapkan dan dibagikan secara gratis yang melintas di kawasan tersebut. Aksi ini sebagai bentuk protes para petani kepada pemerintah akibat anjloknya harga bawang.

Salah seorang petani peserta aksi, Rujito mengatakan harga jual bawang merah saat ini merosot drastis. Untuk saat ini harga komoditas tersebut di pasaran berkisar Rp 4.000 hingga Rp 5.000 perkilo.

"Sejak hari Idul Adha itu sudah turun. Normalnya Rp 12.000 sampai Rp 15.000 perkilogram di kalangan petani, namun sekarang hanya Rp 4.000 hingga Rp 5.000 perkilogram," ucap Rujito disela aksi.

Anjloknya harga bawang merah besar kemungkinan karena faktor panen raya yang membuat stok melimpah sehingga harga jual dari petani menurun. Kendati demikian, menurut Rujito peristiwa tersebut baru pertama terjadi.

Salah satu penerima bawang merah gratis, Rosida (40) mengatakan senang menerima pembagian bawang tersebut. "Sebenarnya saya juga bisa beli ini. Tapi saya bersyukur atas pembagian ini. Mudah mudahan bermanfaat bagi saya," pungkasnya. (Ive)

BERITA REKOMENDASI