Photobooth Green Screen, Gabungan Teknologi dan Seni

Editor: Ivan Aditya

BANTUL (KRjogja.com) – Photobooth green screen atau foto menggunkan layar hijau dihadirkan ‘Grab Technology’ dalam gelaran ‘Yogyakomtek 2016’ di Jogja Expo Center (JEC) Banguntapan Bantul. Dengan teknologi green screen (layar hijau) seseorang bisa memilih latarbelakang (background) sesuai selera seperti Candi Borobudur, Menara Eiffel, Masjidil Haram, Patung Merlion Singapura dan lain-lain.

Dengan pengaturan cahaya yang tepat, hasil jepretan seakan-akan orang tersebut sedang berada di lokasi wisata yang dipilih. Selain latarbelakang tempat wisata, konsumen juga bisa meminta operator menyetting untuk melakukan pose-pose tertentu yang artistik. Hasil foto tidak perlu diedit karena software photobooth akan secara otomatis mengganti layar hijau tersebut dengan gambar yang diinginkan.

Antoni selaku operator photobooth green screen mengatakan, teknologi ini sebenarnya sudah sejak lama digunakan di dunia perfilman. Namun di Indonesia masih sangat jarang yang menyediakan jasa foto menggunakan teknologi layar hijau. ”Di DIY mungkin baru kami yang menyediakan teknologi ini,” terang Antoni kepada KRjogja.com disela pameran, Selasa (06/09/2016).

Dikatakan, piranti yang dibutuhkan untuk mendukung teknologi ini adalah kamera DSLR, laptop, software, lampu untuk pencahayaan, layar hjau dan printer untuk mencetak foto. Konsumen cukup merogoh koceh Rp 10.000 untuk satu cetak.

Ketua Pameran Yudo Satrianto mengatakan, Yogyakomtek tak hanya fokus menghadirkan produk IT, namun juga memberikan pengalaman berharga bagi para pengunjung untuk merasakan sentuhan teknologi terkini , salah satunya Photobooth green screen. “Kami ingin mengedukasi masyarakat perkembangan dunia digital melalui pameran ini,” katanya. (Dev)

BERITA REKOMENDASI