PLN Lestarikan Lingkungan, Hijaukan Goa Cemara

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup se dunia PT PLN (Persero) UIP JBT II melakukan penananam 1.000 bibit cemara di Objek Wisata Pantai Goa  Cemara Sanden Bantul,  Selasa (05/06/2018). Kegiatan penanaman pohon tersebut sebagai salah satu komitmen dalam menjaga kelestarian lingkungan sehingga program penghijuan bisa tercapai. Sementara Pantai Goa Cemara sebagai objek wisata terkemuka di Bantul kelestarian lingkungan harus terus dijaga.

General Manajer PLN UIP JBT II, Eko Priyantono mengatakan gerakan tanam pohon merupakan bagian dari CSR PLN dengan tujuan melestarikan lingkungan dengan menggunakan tanaman sebagai pencegah polusi. Selain itu pehijauan itu sebagai upaya mencegah terjadinya efek rumah kaca dan mengurangi global warning.

Menurutnya cemara udang jadi pilihan dengan pertimbangan kuat dalam kondisi cuaca panas dan kering sekalipun. Dengan kultur seperti itu pohon tersebut sangat cocok jika dikembangkan di pesisir selatan Bantul. “Pohon cemara ini bakal mampu menambah kenyamanan bagi wisatawan Goa Cemara,” ujar Eko.

Sebenarnya dari PLN tidak hanya menanam di kawasan pantai selatan Bantul.  Lokasi lainnya diantaranya, Kabupaten Pati yang lokasinya berada di ring 1 pembangunan SUTET Jalur Utara Jawa. “Kami berikan 1000 bibit kelapa genjah yang merupakan varietas unggul  dan cocok dibudidayakan di daerah itu,” ujarnya.

Sehingga dalam program tersebut selain fokus dalam penghijuan PLN juga berupaya meningkatkan kegiatan produktif untuk mendorong pertumbuhan masyarakat. Selain dari jajaran PLN UIP JBT II, hadir pula sejumlah unit PLN di Yogyakarta  diantaranya PLN area Yogyakarta, PLN Unit Transmisi APP Salatiga. “Untuk peringatan Hari Lingkungan Hidup ini secara nasional PT PLN (Persero) menanam beragam jenis pohon yang mencapai 32.000. (Roy)

BERITA REKOMENDASI