PLN Peduli, Tanam Ribuan Bibit Mangrove di Pantai Baros dan Samas

BANTUL, KRJOGJA.com – PLN Peduli bertajuk ‘Program Rehabilitasi Kawasan Pesisir Melalui Penanaman dan Penyulaman 5000 Bibit Mangrove’ digelar di Pantai Baros dan Pantai Samas Kabupaten Bantul oleh PT PLN persero unit induk transmisi Jawa bagian Tengah, Jumat (29/7/2022). Program tersebut juga kerjasama dengan Keluarga Pemuda Pemudi Baros (KP2B) Kalurahan Tirtohargo Kretek Bantul dan IKAMAT.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri Manager Sub Bidang Aset Properti Komunikasi dan Umum PT PLN Persero Sutanto, Amn Komunikasi & TJSL PLN UNIT JBT Rakhmi Prima Devy, Penewu/Camat Kretek Cahya Widada SH MH, serta Analis Lingkungan, Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul Yuan Purwanto SSI.

“Penanaman mangrove ini merupakan perwujudan nyata dari program PLN Peduli. Jadi kami punya program namanya tanggung jawab sosial lingkungan yaitu berupa pemberian bantuan di sekitar aset operasional. Kebetulan aset operasional kami itu meliputi wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, jadi ini untuk menunjang juga sustainable Development Program yang dicanangkan oleh pemerintah, salah satunya adalah pelestarian lingkungan ekosistem daratan yaitu dengan penanaman 5.000 mangrove,” ujar Rakhmi Prima Devy.

Dalam program tersebut, pihaknya tidak berhenti dalam tahap penanaman. “Seperti yang disampaikan sama teman-teman dari IKAMAT, jadi kalau mangrove ini tidak hanya kita fokus pada penanamannya saja, tapi pada upaya monitoring dan penyulaman. Jadi tidak bisa 100 persen akan tumbuh, oleh karena itu ada upaya-upaya untuk menggantikan atau penyulaman bibit-bibit yang tidak dapat tumbuh itu,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI