PMI Bantul Gelar Lomba Pertolongan Pertama

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJOGJA.com – PMI Kabupaten Bantul menyelenggarakan lomba Pertolongan Pertama bagi anggota Palang Merah Remaja (PMR) PMI Bantul. Lomba tersebut bertujuan untuk pelatihan dan meningkatkan kesiapsiagaan anggota PMR – PMI Bantul dari siswa atau pelajar setingkat SMA atau sederajad.

Lomba digelar di halaman Markas PMI Bantul dan di Masjid Agung Bantul , dibuka oleh Sugeng Murdjoko SIP mewakili Ketua PMI Bantul, diikuti 100 anggota PMR- PMI Bantul utusan dari 20 SMA / SMK negeri maupun swasta di Bantul, Senin (4/7).

Sugeng Murjoko berharap, dengan kegiatan lomba ini agar setiap siswa yang mengikuti PMR di sekolahan dapat berkontribusi dalam mendukung UKS serta kegiatan sekolah, melakukan penanganan kepada siswa bilamana terjadi emergency atau darurat bisa melakukan tindakan awal.

Selain itu, kegiatan lomba ini diharapkan mampu memberikan nilai tambah terkait dengan pemahaman PMR di bidang kesehatan.

Sementara Ketua Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) PMI Bantul, Bernandicto Vieneka Putra mengungkapkan, PMR terbagi dari tiga tingkatan, yakni PMR Mula, PMR Madya dan PMR Wira, sedangkan lomba ini pesertanya untuk PMR tingkat Wira khusus dalam bidang Pertolongan Pertama (PP), sehingga anggota PMR- PMI Bantul bisa paham dan mampu dan profesional dalam menangani korban yang membutuhkan pertolongan pertama.

Sedangkan Hanifudin KSR – UMY yang mendampingi PMR SMA 1 Sedayu menambahkan , kegiatan lomba ini sangat bermanfaat buat PMR, khususnya dalam bidang PP yang sering terjadi seseorang mengalami musibah dimana diperlukan tindakan pertolongan pertama.

Lomba berakhir dengan perolehan kejuaraan, untuk juara 1 diraih PMR utusan SMA N 1 Sewon, juara 2 PMR utusan SMA N 1 Bambanglipuro, juara 3 PMR utusan SMA N 1 Bantul . Sedangkan juara harapan 1 dan 2 SMK N 1 Sedayu dan SMA N 1 Sedayu. (Jdm)

 

 

BERITA REKOMENDASI