PMI Bantul Silaturahmi ke 17 Kapanewon

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengurus PMI Kabupaten Bantul yang diketuai HM Wirmon Samawi SE MIB melakukan silaturahmi ke 17 PMI Kapanewon se Kabupaten Bantul dalam rangka kunjungan kerja sekaligus syawalan. Kegiatan tersebut diawali dari kunjungan ke PMI Kapanewon Bambanglipuro, Pleret dan Banguntapan, Kamis (19/05/2022). Selanjutnya kunjungan ke PMI Kapanewon lainnya hingga berakhir Selasa (31/05/2022).

Setiap kunjungan di PMI Kapanewon rombongan pengurus PMI Bantul diterima Panewu dan jajaran Forkompimkap serta pengurus PMI Kapanewon masing-masing. Di PMI Kapanewon Banguntapan, selain silaturahmi dan syawalan, pengurus PMI Bantul juga menyerahkan paket Edukit atau alat peraga belajar untuk anak-anak yang didalamnya tentang pertolongan pertama dan kebencanaan. Penyerahan langsung dilakukan ketua PMI Bantul dan diterima Kapanewon Banguntapan I Nyoman Gunarso.

Menurut HM Wirmon Samawi, sesuai AD / ART PMI, PMI tingkat Kabupaten (dulu Cabang) bisa membentuk PMI tingkat Kapanewon (dulu Ranting). Karena di Bantul sudah lama terbentuk PMI tingkat Kapanewon se Bantul, sehingga perlu ada hubungan kerjasama serta silaturahmi sekaligus syawalan.

Selain itu perlunya sosialisasi berkelanjutan tentang visi dan misi PMI. PMI mempunyai visi dan misi yang dinyatakan dengan jelas. Dengan konsep yang jelas tentang apa yang ingin dilakukan.

“Visi dan Misi PMI diharapkan dapat dimengerti dengan baik dan didukung secara luas oleh seluruh anggota di seluruh tingakatan, termasuk di tingkat Kapanewon,” ungkap Wirmon.

Visi dan Misi PMI harus perpedoman pada prinsip- prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional serta beroperasi sesuai dengan prinsip dasar. Kunjungan kerja, silaturahmi dan Syawalan pengurus PMI Bantul ke PMI Kapanewon juga untuk menjalin kerjasama dengan relawan di Kapanewon masing-masing. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI