PMI Bantul Vaksinasi Massal Untuk Bersama dan Sesama

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRjogja.com – Menyambut HUT ke-76 Palang Merah Indonesia (PMI), Jajaran PMI Bantul kerjasama dengan Kodim 0729 Bantul, Jumat (17/9) menyelenggarakan vaksinasi massal untuk masyarakat umum, termasuk untuk pelajar dan santri. Vaksinasi massal di PMI Bantul ini dilaksanakan selama 3 hari, dari Jumat hingga Minggu (17-19/9) dengan penyediaan vaksin sinovac dengan target 900 orang.

Hadir dalam pembukaan vaksinasi massal, Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih, Dandim 0729 Bantul Letkol Inf Agus Indra Gunawan, Ketua PMI DIY, GPBH Prabukusumo, Ketua PMI Bantul, HM Wirmon Samawi SE MIB, Sekda Bantul Drs H Helmi Jamharis MSi, serta pejabat terkait lainnya.

Bupati Bantul mengemukakan , vaksinasi massal HUT ke-76 PMI di Bantul ini akan membantu mempercepat Bantul menuju 100 persen Herd Immunity. Menurut Abdul Halim, di Kabupaten Bantul sudah mendapatkan kelonggaran-kelonggaran sehingga ada penurunan level PPKM dari tiga ke level empat. Karena itu kelonggaran ini harus tetap disikapi dengan hati-hati. “Salah satu caranya adalah meningkatkan vaksinasi untuk mencapai kekebalan kelompok yang lebih besar,” ungkap Abdul Halim.

Yang ke dua, hari ini sudah diumumkan, bahwa pada tanggal 20 September 2021 akan dibuka Pembelajaran Tatap Muka (PTM) untuk anak-anak sekolah mulai dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA sederajat. Maka pasti akan terjadi kerumunan yang besar, walaupun masih terbatas.

“Karena itu pelaksanaan vaksin harus dipercepat, agar anak-anak saat masuk sekolah lebih siap dan optimis. Orang tua juga merasa Pede karena anaknya sudah pada divaksin,” jelas Wakil Bupati Bantul.

Bupati Bantul tetap meminta kepada masyarakat, walapun nantinya sudah ada penurunan level, agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan. “Jangan sampai seperti yang terjadi di beberapa daerah. Merasa wilayahnya sudah ada penurunan angka Covid lalu meninggalkan protokol kesehatan, akibatnya angka penularan Covid melonjak lagi,” pungkas Abdul Halim.

Sementara Ketua PMI DIY, GPBH Prabukusumo mengajak kepada masyarakat untuk segera mengikuti vaksin agar penanganan Covid segera tuntas. “Ibarat mengendarai kendaraan bermotor, vaksin adalah helm yang menjadi pengaman keselamatan,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua PMI Bantul, HM Wirmon Samawi SE MIB, menambahkan, vaksinasi massal di PMI Bantul ini untuk kebutuhan bersama dan sesama. Maka matfaatkan vaksinasi ini untuk keselamatan dan kesehatan bersama pula. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI