PMI – BPBD Bantu Logistik Warga Dlingo

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – PMI dan BPBD Bantul , Kamis (9/9) mengunjungi rumah Kartilah (65) di pedukuhan Sawit 1 Dlingo Bantul, untuk menyerahkan bantuan tenda, sembako dan perlengkapan mandi, karena rumah Kartilah roboh diterjang badai angin Rabu (08/09/2021) sekitar pukul 14. 30 WIB. Selain rombongan PMI dan BPBD Bantul rombongan Komisi A DPRD Bantul juga ke rumah korban untuk keperluan yang sama.

Kedatangan rombongan diterima Penewu setempat, Slamet Pamuji SPd MPd, keluarga korban dan masyarakat setempat. Rumah Kartilah yang terbuat kayu dan bambu Rabu siang diterjang badai angin sehingga rata dengan tanah. “Kebetulan rumah itu kosong, saya sedang berada di ladang sehingga saya selamat,” papar Kartilah yang menempati rumah itu sendirian sejak suaminya meninggal dunia.

Ketua PMI Bantul M Wirmon Samawi SE MIB mengemukakan, tugas PMI utamanya untuk kepentingan kemanusiaan, selain mengurusi pengadaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan, juga bertugas untuk sosial, penanganan bencana bersama relawan. “Dengan terjadinya bencana alam berupa badai angin sehingga mengakibatkan rumah warga roboh rata dengan tanah ini, kami PMI wajib menyambangi warga yang menjadi korban dan sekedar memberikan bantuan apa yang diperlukan korban,” jelas Wirmon.

Kepala BPBD Bantul , Drs Dwi Daryanto MSi mengingatkan warga agar tetap waspada dan antisipasi terjadinya badai angin yang biasa terjadi pada musim sekarang ini. Terutama di wilayah dataran tinggi atau perbukitan. “Jauhi bangunan yang rawan roboh dan kalau mempunyai pepohonan tinggi sebaiknya dilakukan pemangkasan,” harap Dwi Daryanto.

Sementara rombongan PMI Bantul kemarin melanjutkan ke Srimartani Piyungan untuk menyampaikan rasa duka dan memberikan santunan berupa sembako kepada keluarga korban kecelakaan lalu lintas di Breksi , diterima keluarga korban dan Dukuh setempat. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI