PMR – PMI Bersihkan Sampah JJLS Kretek

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Palang Merah Remaja (PMR) didukung pengurus PMI Bantul melakukan gerakan bersih sampah di lingkup Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) dan di kawasan wisata Hutan Mangrove Baros Tirtohargo Kretek Bantul, bertema ‘Sehat Badanku, Baik Budi Pekerti’. Kegiatan tersebut dilakukan 30 anggota PMR pada Minggu (29/05/2022) sejak pagi hingga sore didampingi Babinkamtibmas, Babinsa dan Pokdarwis setempat.

Dalam kegiatan tersebut, juga diadakan pelatihan atau bedah kasus pertolongan pertama (PP) yang wajib diikuti oleh anggota PMR untuk bekal tugas saat terjun di lapangan jika terjadi bencana atau musibah. Sehingga setiap anggota PMR harus siap dan bisa bagaimana cara- cara melalukan pertolongan pertama dengan benar.

Ketua PMI Bantul, HM Wirmon Samawi SE MIB yang hadir dalam kegiatan tersebut bersama pengurus PMI Bantul lainnya, mendukung kegiatan positif yang dilakukan anggota PMR membersihkan sampah sebagai bentuk peduli terhadap kebersihan lingkungan alam. Wirmon juga apresiasi kepada PMR untuk melakukan pelatihan atau bedah kasus pertolongan pertama (PP).

“Ternyata PMR Bantul semakin solit dan mempunyai skill di bidang pengetahuan tentang pertolongan pertama,” papar Ketua PMI Bantul.

Menurut Wirmon, pelatihan pertolongan pertama merupakan bagian dari materi pelatihan yang wajib dijalani anggota PMR disamping pelatihan gerakan kepalangmerahan, kepemimpinan, kesehatan keluarga, kesehatan remaja, siap siaga bencana dan donor darah.

“Anggota PMR juga wajib melaksanakan Tri Bhakti PMR, menjalankan dan membantu mensosialisasikan prinsip- prinsip dasar gerakan PMR dan Bulan Sabit Internasional, serta mematuhi AD/ ART PMI, menjaga nama baik dan kehormatan PMI,” pungkas Wirmon. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI