Polisi Harus Kedepankan Profesionalisme

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Polsek Sedayu Polres Bantul Polda DIY, terus mengupayakan pelayanan kepada masyarakat agar bisa memenuhi harapan. Salah satunya dengan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) agar bisa bekerja secara proporsional dan profesional sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang dibebankan di pundaknya. Pelayanan tidak sekadar dalam urusan penegakan hukum (gakkum), tetapi secara menyeluruh.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MSi, Sabtu (20/03/2021) menyampaikan pihaknya berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, terkait dengan fungsi pengabdian dan pengayoman. Seluruh anggota ditekankan untuk lebih melayani masyarakat, bukan justru ingin dilayani masyarakat

Jangan sampai muncul kesan polisi tidak serius dalam menanggapi setiap laporan masyarakat atau bahkan pilih-pilih menangani perkara. “Sudah tidak zamnnya lagi polisi kok minta dilayani masyarakat,” ujar Ardi Hartana.

Ditambahkan, apa yang diinginkan masyarakat harus segera direspons dengan tindakan nyata. Setiap ada laporan, wajib diterima dan segera ditindaklanjuti dengan mendatangi tempat kejadian perkara (TKP). Dengan demikian tidak akan muncul guyonon, laporan diterima dan ditumpuk, tetapi tidak ditindaklanjuti.

Ardi Hartana menyampaikan, Kapanewon Sedayu terdiri empat kelurahan masing-masing Argomulyo, Argosari, Argodadi, dan Argorejo. Saat ini pihaknya sedang mengintensifkan program keagamaan, yakni dengan menggelar Program Dluhur Keliling (Durling).

Setiap hari pihaknya menurunkan beberapa anggota Binmas untuk menyambangi masjid-masjid dan melakukan solat dluhur bersama. “Program ini sekaligus untuk mendekatkan emosional anggota dengan warga,” jelas Ardi Hartana.

Terkait dengan pandemi Covid-19, Ardi Hartana menyampaikan pihaknya telah membentuk posko-posko untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, yakni Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Sosialisasi mengenai protokol kesehatan (prokes) terus dilakukan dengan tujuan agar masyarakat terbebas dari penyebaran virus korona. Selama ini pihaknya telah membagikan masker kepada masyarakat, dengan tujuan penggunaan masker menjadi kebiasaan masyarakat.

Menurut Ardi Hartana, penggunaan masker tidak boleh disepelekan dalam upaya mencegah penyebaran virus korona. Karenanya, masyarakat yang membutuhkan pelayanan di Mako Polsek Sedayu wajib menggunakan masker.

Sebelum masuk ke area Mako Polsek Sedayu, masyarakat diharuskan melakukan cuci tangan. “Petugas terus menerus mensosialisasikan masalah tersebut semata-mata demi kesehatan dan keselamatan,” ujarnya.

Ditambahkan, jika menemukan adanya penyimpangan atau pelanggaran dilakukan oleh anggotanya, masyarakat dipersilakan melaporkan. Menurut Ardi Hartana, masyarakat memiliki kewajiban untuk mengoreksi dan mengawasi kinerja polisi sebagai salah satu bentuk transparasi.

Tak hanya itu, pihaknya juga butuh kritik yang membangun demi terwujudnya maksimalnya pelayanan. Karena itu, dalam setiap kesempatan Ardi Hartana berusaha melakukan dialog dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh agama untuk menciptakan kesamaan persepsi masalah keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Komunikasi antara petugas dengan seluruh elemen masyarakat sangat perlu agar tercipta kesamaan persepsi dalam menangani berbagai persoalan sosial, agama, dan kemasyarakatan,” tandas Ardi Hartana. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI