Polisi Tes Urine Sopir Bus

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Satresnarkoba Polres Bantul Polds DIY melakukan tes urine kepada para sopir bus. Progam tersebut  digelar di garasi bus Tata Trans Wisata Klembon Trirenggo Bantul. Harapannya untuk menjaga keselamatan para penumpang mudik Lebaran.  Pemeriksaan urine dilakukan untuk memastikan pengemudi dalam kondisi prima dan tidak berada dalam pengaruh obat-obatan terlarang.

"Kita lakukan cek urine ini untuk  deteksi dini narkoba untuk  memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pemudik agar selamat sampai ke tujuan," ujar Kanitidik 2 Satresnarkoba Polres Bantul, Ipda Stefanus Reinaldo Fajar Nuswantoro Boyoh, S.Tr.Kn, Sabtu (1/6). Dari sejumlah sopir yang ikut dalam program dites urine, mereka tidak tergolong positif narkoba. "Sembilan sopir  kita tes urine, mereka semuanya masuk katagori negatif dari pengaruh narkoba jika ada yang positif menggunakan narkoba sudah pasti tidak diijinkan melanjutkan perjalanan dan harus digantikan oleh sopir cadangan," jelasnya.

Selain  tes urine, para sopir bus juga diperiksa kesehatannya oleh petugas kesehatan dari Urkes Polres Bantul. Dari hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, dinyatakan seluruh sopir bus dalam keadaan sehat.

Paurkes Polres Bantul, Ida Wahyuningsih, A.Md.Kep mengatakan, salah satu faktor terjadinya kecelakaan disebabkan kondisi fisik sang sopir kurang prima dan sehat, sehingga dapat menyebabkan hilang kendali saat mengemudi.

Dengan pemeriksaan ini diharapkan mengurangi resiko kecelakaan selama arus mudik akibat sopir yang mengalami kelelahan. Potensi gangguan kesehatan atau faktor kelelahan harus dapat diantisipasi karena sopir harus selalu memiliki kondisi yang prima sebagai pemegang kendali utama dalam perjalanan. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI