Politik Uang Ciderai Kualitas Pemilihan Lurah

BANTUL, KRJOGJA.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantul menandatangani kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (DPMK) Kabupaten Bantul. Kerjasama itu terkait dukungan KPU Bantul dalam momentum pemilihan lurah (Pilur) serentak tahun 2022.

Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho mengatakan, KPU Bantul mendukung Pilur di Bantul untuk beberapa hal, diantaranya penyediaan data pemilih. Hal tersebut penting sebagai bahan pemutakhiran data pemilih pemilihan lurah. Termasuk pendidikan pemilih berbasis kalurahan. Didik menjelaskan, KPU Bantul memberikan daftar pemilih yang dimiliki KPU Bantul sebagai data dasar kegiatan pemutakhiran data pemilih di masing-masing kalurahan.

“Data pemilih ini selanjutnya akan dimutakhirkan panitia pemilihan lurah. Selain dalam hal pemutakhiran data pemilih, KPU Bantul juga memberikan dukungan dalam bentuk pendidikan pemilih dan pendidikan demokrasi berbasis kalurahan,” ujarnya.

KPU Bantul bersama Kesbangpol Bantul berdialog bersama tokoh masyarakat beberapa kalurahan yang akan melaksanakan pemilihan lurah. “Dalam dialog politik ini KPU Bantul menegaskan tentang perlunya mencegah praktik politik uang. Karena politik uang menciderai kualitas proses dari pemilihan lurah ini,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI