Politisi Golkar Mendadak Cek Pembangunan Talud

Editor: Agus Sigit

BANTUL, KRJogja.com – Warga Lanteng Kelurahan selopamioro kapanewon Imogiri Bantul dihinggapi kecemas ketika musim penghujan tiba. Sementara sudut tikungan Sungai Lanteng belum di dilakukan pemasangan talud. Karena hal tersebut berpotensi meruntuhkan jalan yang melintang diatasnya.

“Yang sisi timur memang sudah dibangun talud sekitar empat meter tingginya. Talud tersebut sebagai upaya untuk melindungi rumah warga yang berada dibantaran sungai,” ujar Ketua RT 02 Dusun Lanteng Selopamioro Imogiri, Suripto Rabu (1/9).

Dijelaskan, keberadaan talud tersebut memang sangat berarti untuk melindungi bangunan rumah di bantaran sungai. Karena warga sekitar sudah paham betul ketika sungai tersebut banjir debit airnya sangat tinggi. Meski begitu Suripto berharap Pemerintah Kabupaten Bantul untuk memikirkan lagi pembangunan talud disisi barat atau tepat di tikungan sungai.

“Air itu datang dari timur langsung menghantam tebing tikungan disisi barat. Sementara diatas tebing itu melintang jalan alternatif menuju Jalan Imogiri Panggang. Terus terang saja saya khawatir jika nanti banjir besar, air akan menabrak tebing dan jalan atasnya putus,” ujar Suripto.

Oleh karena itu Suripto berharap meskipun tidak semua, titik di tikungan sungai tersebut dipasang talud menghindari hal-hal tidak diinginkan. “Sisi timur yang bersinggungan dengan rumah warga sudah di bangun talud aspirasi Pak Suryono Golkar, harapan kami sisi barat juga ditalud untuk melindungi jalan,” jelasnya.

Sementara anggota Komisi C DPRD Bantul, H Suryono SE SM mengungkapkan pihaknya berkomitmen untuk membangun infrastruktur pedesaan dengan skala prioritas. Artinya pembangunan tersebut harus benar-benar mendesak dan sangat dibutuhkan masyarakat. Politisi Partai Golongan Karya tersebut menjelaskan, pembangunan talud dibantaran sungai itu untuk melindungi permukiman warga dari gerusan air ketika banjir nanti.

“Tikungan sungai itu butuh penanganan cepat mencegah jalan diatasnya putus. Tetapi pembangunan talud ini mengutamakan untuk melindungi rumah warga dulu,” jelasnya. (Roy)

 

BERITA REKOMENDASI