Polres Bantul Bangun Gedung Satpas Prototipe

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Polres Bantul siapkan pembangunan gedung Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Prototipe, khusus untuk pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan pembayaran PNBP BRI. Lokasi bangunan ada di sisi selatan kompleks Mapolres Bantul, sehingga semua bangunan lama termasuk yang sekarang untuk Kantor Satlantas Bantul bakal dibongkar. Pembangunan dimulai tahun 2021 dari anggaran Dipa.

“Pembangunan gedung ini merupakan bentuk keseriusan Polres Bantul dalam melayanani masyarakat, utamanya pelayanan pembuatan SIM,” ungkap Wakapolres Bantul Kompol Nur Alam SIK, usai menerima kunjungan Deputi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Dede Kohar S Sos, Rabu (02/12/2020).

Sebagai salah satu penyelenggaraan pelayanan publik, tingkat kepuasan masyarakat merupakan indikator utama dalam keberhasilan pelayanan untuk mendukung pembangunan zona menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Malayani (WBBM).

Sementara Kasat Lantas Polres Bantul, AKP Amin Ruwito SE SIK didampingi Kanit Regident Ipda Wasito SH MH, manambahkan bangunan gedung Satpas Prototipe di Polres Bantul berlantai dua, didirikan diatas lahan seluas 4.266 meter persegi. Sarana prasarana pelayanan di Satpas dilengkapi alat yang lebih canggih, termasuk pengambilan foto dan sarana IT untuk memudahkan percepatan pelayanan SIM baru maupun perpanjangan.

“Sarana untuk ujian SIM teori maupun praktek juga dilakukan di bangunan gedung Satpas, sehingga pelayanan SIM akan lebih mudah dan cepat,” pungkas Amin.

Sementara, mulai Desember 2020, Satlantas Polres Bantul meluncurkan layanan “Simantul Wangi” (SIM Bantul Awan lan Bengi). Selain layanan rutin pembuatan SIM baru, peningkatan golongan dan perpanjangan setiap Senin hingga Sabtu dibantu Bus Keliling di halaman Mapolres Bantul pukul 08.00 hingga selesai, juga pelayanan SIM Malam Minggu (Malming) untuk proses perpanjangan SIM A dan C di depan Polres Bantul pukul 17.00 s/d 21.00.

Simmade (SIM masuk Desa ) melayani pembuatan SIM baru khusus C dan perpanjangan SIM A dan C, setiap Kamis pukul 08.00 s/d 12,00, yakni Kamis (03/12/2020) di Balai Desa Wukirsari, Kamis (10/12/2020) di Balai Desa Seloharjo, Kamis (17/12/2020) di Balai Desa Argosari. Simantul Blusukan Wisata, untuk melayani proses perpanjangan SIM A dan C, Senin dan Minggu pukul 08.00 s/d 12.00 00. Tanggal 7 dan 21 Desember 2020 di Q-HomeMart Banguntapan, tanggal 13 dan 27 Desember 2020 di Pantai Parangtritis. (Jdm)

BERITA REKOMENDASI