Polres Bantul Gelar PAMM Cegah Kerumanan Massa

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Jajaran Polres Bantul Polda DIY, Minggu (12/09/2021) melakukan Pengaturan Aktivitas dan Mobilitas Masyarakat (PAMM) di sejumlah objek wisata (obwis) kawasan Kabupaten Bantul, salah satunya di Pantai Parangtritis. Personil yang diikutsertakan dalam kegiatan PAMM, 6 anggota Satlantas, 6 anggota Shabara, 4 anggota Polsek Kretek, 2 anggota TNI, 5 anggota Satpol PP, dan 6 anggota Dinas Pariwisata.

Kapolres Bantul AKBP Ihsan SIK didampingi Kasat Lantas AKP Gunawan Setiyobudi SH MH, Minggu (12/09/2021) menjelaskan Kabupaten Bantul saat ini masuk dalam level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Terkait hal itu, objek wisata (obwis) yang dijadikan uji coba dalah Watu Lumpang di Pundong. Sedangkan untuk obwis lainnya, seperti Pantai Parangtritis, Pantai Samas, dan Pantai Pandansimo masih ditutup bagi wisatawan.

Dijelaskan, kegiatan PAMM mengacu pada Instruksi Bupati (Inbup) Bantul No 27/Instr/2021 Tentang Pemberlakuan PPLM Level 3 Covid-19 di Kabupaten Bantul. Salah satunya berisi pengumuman mengenai ditutupnya (sementara) seluruh destinasi wisata di Kabupaten Bantul. Penutupan dilakukan sebagai upaya pengendalian penyebaran virus korona.

Sebagai upaya PAMM pihaknya melakukan pengalihan arus lalu lintasdi TPR Parangtritis dan simpang tiga Jembatan Kretek dengan tujuan mencegah kerumunan di Pantai Parangtritis. “Pelaksanaan kegiatan dengan cara humanis dan cara-cara yang persuasif serta menghindari konflik dengan pengguna jalan. Selain itu, petuga juga menekankan pada ditaatinya protokol kesehatan (prokes),” jelas AKBP Ihsan SIK.

AKBP Ihsan SIK menyampaikan kegiatan PAMM bertujuan agar masyarakat tetap memperhatikan prokes guna mencegah penularan Covid-19 sekaligus memutus mata rantai penyebarannya. Kegiatan yang dilaksanakan hingga sore hari berjalan lancar dan terkendali. Hal tersebut tidak lepas dari kesadaran petugas pada saat melaksanakan PAMM.

Diharapkan masyarakat tidak larut dalam euforia lantaran status level 3 yang diberlakukan di DIY. Pasalnya, penyebaran virus korona bisa saja melonjak lagi jika masyarakat tidak menaati prokes.

Karena itulah, jajaran Polres Bantul berupaya semaksimal mungkin mencegah penyebaran virus korona, salah satunya dengan menggiatkan PAMM yang bertujuan mengatur aktivitas masyarakat. Kerumunan massa harus dihindari dan penggunaan masker harus menjadi prioritas utama pada saat masyarakat melakukan aktivitas di luar rumah. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI