Polsek Sedayu Salurkan Beras dari Kemensos

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Polsek Sedayu, Sabtu (07/08/2021) bertempat di Badai Desa Argosari, Sedayu melakukan pembagian beras kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Pembagian beras untuk meringankan kebutuhan masyarakat dipimpin Kanit Lantas AKP Sarijan, dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat. Pada saat mengambil bantuan beras, baik penerima maupun petugas diwajibkan menggunakan masker.

Kapolsek Sedayu Kompol Ardi Hartana SH MH MM menjelaskan pembagian beras masih terkait dengan program Kemensos melalui PT Pos Indonesia. Tujuannnya, untuk membantu masyarakat agar terkurangi beban kehidupan sehari-hari lantaran pandemi Covid-19, terlebih pada saat diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, yang diperpanjang hingga 9 Agustus 2021. “Meskipun jumlahnya tidak bisa dikatakan banyak, diharapkan bantuan tersebut bisa meringankan masyarakat,” ujar Ardi Hartana.

Ardi Hartana menyampaikan, dalam waktu bersamaan bertempat di Balai Desa Argomulyo dilakukan pembagian beras dari Kemensos melalui PT Pos Indonesia. Beras yang dibagikan kepada masyarakat sebanyak 1.051 sak.

Pelaksanaan pembagian beras dipimpin Ipda Basuki, dengan melakukan pengamanan dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat yang antre untuk mendapatkan beras. Petugas mengupayakan agar antrean tidak menyebabkan kerumunan/bergerombol untuk memutus penyebaran Covid-19.

Pembagian beras juga dilakukan di di Aula Desa Argorejo, Sedayu dipimpin Kanit Reskrim AKP Muji Suharjo SH, Khusus untuk Kelurahah Argorejo, jumlah penerima sebanyak 1.073 KK yang terdiri 301 BST dan 772 PKH. “Masing-masing KK menerima bantuan beras 10 kg,” jelas Ardi Hartana.

Pada umumnya penerima bantuan beras bisa berlaku tertib dan menaati imbauan untuk tidak bergerombol dan menggunakan masker. Hal itu tida lepas dari kesadaran masyarakat untuk mengendalikan atau mencegah penyebaran virus korona.

Sementara itu, bertempat di Gedung Serbaguna Kompleks Kelurahan Argodadi, Sedayu dilangsungkan pembagianb beras PPKM 2021. Kegiatan dipimpin Kanit Sabhara AKP Wahono, menyalurkan beras dari Kemensos masing-masing 10 kg.

Di Keluruhan Argodadi penerima BST terdiri 300 KK dan PKH 1.181 KK. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar, tertib, dan aman. Hal tersebut tidak lepas dari terjalinnya komunikasi dan koordinasi dari masing-masing pihak yang berkompeten.

“Kepolisian berharap masyarakat tetap menaati prokes tidak hanya ketika menerima bantuan, melainkan pada saat melakukan aktivitas kehidupan sehari-hari,” kata Ardi Hartana.

Ardi Hartana menambahkan pembagian bantuan sosial, jumlah yang dibagikan 1.073 sak. Jumlah yang sudah disalurkan 990 sak dan yang belum tersalurkan 83 sak. Beras yang belum tersalurkan karena penerima telah meninggal dunia dan ada perbedaan NIK data penerima dengan data yang ada.

“Bansos yang belum terbagiukan akan dibawa ke kantor pos. Sedangkan bagi penerima yang telah meninggal dunia maupun perbedaan NIK diharapkan datang ke kelurahan kembali untuk dibuatkan surat keterangan untuk urusan pengambilan,” jelas Ardi Hartana. (Hrd)

BERITA REKOMENDASI