Pos Penyekatan Halau Pemudik Masuk Bantul

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Kebijakan larangan mudik Lebaran 22 April hingga 24 Mei 2021akan ditindak lanjuti dengan penyekatan sejumlah titik di Kabupaten Bantul. Sementara Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul baru akan mambuat pos penyekatan 6 Mei 2021 mendatang.

“Pos penyekatan akan kami dirikan dan dilaksanakan tanggal 6-17 Mei 2021 mendatang,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Bantul, Aris Suhariyanta SSos MM, Kamis (29/04/2021).

Di Kabupaten terdapat tiga titik pos penyekatan yakni Srandakan, Sedayu serta Piyungan. Penyekatan akan dilakukan mulai 6 hingga 17 Mei 2021.

Aris mengungkapkan, sesuai hasil rapat koordinasi memang sudah ditentukan tiga titik penyekatan. Piyungan, Srandakan serta Sedayu selama ini jadi akses keluar masuk warga luar Yogyakarta.

Di tiga lokasi penyekatan nakal dijaga selama 24 jam, harapannya pengawasan pergerakan pemudik bisa terpantau. Nantinya tidak hanya kendaraan pribadi, pihaknya juga mengawasi angkutan umum. Terkait penjagaan, pihaknya mengerahkan sekitar 70 personil. Sehingga bisa mengawasi jalan ‘tikus’ yang mungkin bakal dilewati pemudik.

“Kita pantau jalan ‘tikus’ yang berpotensi untuk dilewati pemudik dalam menghindari pos penyekatan utama,” jelasnya.

Meski momentum Lebaran tahun ini ada larangan mudik seperti tahun 2020. Dishub memprediksi terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang masuk ke Bantul. “Sepertinya akan ada kenaikan jumlah pemudik 40 % hingga 50 %, tahun lalu dilarang tetap ada yang nekat mudik,” jelas Aris.

Kapolsek Sedayu Polres Bantul Polda DIY, Kompol Ardi Hartana SH MH MM mengatakan sejauh ini untuk pemudik masih landai. Terkait dengan Pos PAM sekarang sifatnya masih sementara. “Pos Pam kemungkinan baru siap tanggal 5 Mei mendatang,” ujar Ardi. (Roy)

BERITA REKOMENDASI