PPM UAD Urai Persoalan Kesetaraan dan Keadilan Gender

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Program Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta kerjasama dengan Badan Kerja Sama (BKS) Kabupaten Gunungkidul menggelar kegiatan diera new normal. Kali ini mengambil tajuk ‘Pelatihan penanaman nilai kesetaraan dan keadilan gender pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan era normal di SMP Muhammadiyah se Kabupaten Gunungkidul’.

Hadir sebagai narasumber tentang kesetaraan dan keadilan Gender disampaikan oleh Dr Indah Nur Shanty Saleh, SH MHum dan

Media Pembelajaran disampaikan, Dr Purwati Zisca Diana MPd. Ketua Pelaksana kegiatan PPM Dr Indah Nur Shanty Saleh SH MHum, Sabtu (13/11/2021) mengatakan, dengan kegiatan yang sudah dilaksanakan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kemampuan para guru.

Khususnya dalam menginternalisasi nilai kesetaraan dan keadilan gender sebagai bagian dari materi pembelajaran dalam PPKN. Karena dalam upaya mengurai persoalan kesetaraan dan keadilan gender paling efektif dan strategis dilakukan melalui pendidikan.

Menurutnya, siswa usia SMP dinilai tepat untuk mendapatkan pemahaman mengenai pentingnya nilai kesetaraan dan keadilan gender dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Karena dalam memperjuangankan nilai kesetaraan dan keadilan gender merupakan implementasi sila kedua Pancasila yang disimbolkan dengan untaian rantai emas berbentuk persegi dan lonjong.

Sementara Ketua BKS Kabupaten Gunungkidul, Dadang Margono SPd mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilakukan tim PPM UAD. Dijelaskan kegiatan diwujudkan dalam bentuk pelatihan bagi guru-guru pengampu mata pelajaran PPKN di lingkungan SMP Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul.

“Harapan kami tentu kegiatan ini dapat berlangsung kembali tahun depan. Program ini sangat bermanfaat bagi guru-guru,” ujarnya.

Tahapan kegiatan dilakukan secara daring menggunakan Google Meet b8 – 9 Juni 2021, 9 Oktober 2021 serta 12 November 2021. (Roy)

UAD

BERITA REKOMENDASI