Prajurit Bentuk Karakter Kedisiplinan Pelajar

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai ujung tombak TNI AD, Bintara Pembina Desa (Babinsa) dituntut untuk melaksanakan fungsi pembinaan terhadap masyarakat. Namun tidak hanya itu, dalam rangka mempersiapkan rakyat selalu siap bela negara seorang Babinsa juga harus mampu menggerakkan serta menumbuhkan jiwa dan semangat perjuangan masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 13 Kretek, Serka Wagiran yang melatih peraturan baris berbaris (PBB) dengan diselingi materi wawasan kebangsaan kepada para siswa SD N 01 Donotirto Kretek Bantul, Rabu (07/02/2018). Sepintas cukup sepele, namun dari kegiatan ini akan menumbuhkan sikap kediplinan generasi muda dalam menghadapi masa yang akan datang.

"Latihan ini bertujuan untuk membentuk karakter para siswa-siswi agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme. Pelatihan ini tidaklah cukup hanya dengan belajar baris berbaris saja, karena tujuan pelatihan siswa-siswi adalah untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar serta mengenal bangsanya," jelas Wagiran.

Dalam kegiatan tersebut, Babinsa Serka Wagiran melatih teori, praktek peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat siswa-siswi dalam mengikuti pelatihan Baris Berbaris tersebut.

Menanamkan semangat kedisiplina juga dilakukan Babinsa Koramil 13 Kretek, Serda Rustanta. Babinsa ini juga melaksanakan pelatihan gerak PBB di SMPN 2 Kretek Bantul. Rabu (07/02/2018).

Babinsa Koramil 13 Kretek, Serda Rustanta saat mengajarkan baris berbaris kepada siswa.

Danramil 13 Kretek, Kapten (Inf) Wardani menegaskan memang sengaja menugaskan para Babinsa untuk selalu menanamkan kedisiplinan kepada para pelajar. Menurutnya para generasi muda harus dididik dan diarahkan sejak dini untuk menjadi patriot penerus tongkat estafet perjuangan sesuai dengan masanya.

"Jangan sia-siakan semangat mereka dan latihlah mereka semaksimal mungkin. Ajarkan juga kepada mereka yel-yel supaya tetap semangat selama mengikuti pembinaan baris berbaris serta pengetahuan wawasan kebangsaan," tegas Wardani. (Van)

BERITA REKOMENDASI