Prajurit Kodim Bantul Berlatih Menjadi Bregodo

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Raca kecintaan terhadap budaya harus senantiasa tumbuh dalam jiwa masyarakat. Ditengah maraknya pengaruh budaya asing belakangan ini, kehadiran budaya lokal masing-masing daerah dibutuhkan agar adat istiadat asli tanah air itu nantinya tak hanya tinggal nama. Butuh peranserta semua pihak agar kebududayaan bisa terus lestari terutama bagi kalangan muda.

Hal inilah yang juga dilakukan jajaran Kodim 0729 Bantul. Sebagai satuan kewilayahan, prajurit Kodim Bantul memiliki tanggungjawab untuk turut melestarikan kebudayaan asli agar tak hilang ditengah masyarakat.

Setiap hari Minggu, Komandan Kodim 0729 Bantul memerintahkan para prajurit untuk mengikuti latihan kesenian Bregodo dan Jatilan. Untuk latihan perdana yang dilaksanakan Minggu (04/03/2018) kemarin di makodim setempat para prajurit Ketua Paguyuban Bregodo Wirosobo Kasihan, Putut.

"Latihan kesenian ini merupakan salah satu upaya Kodim Bantul untuk turut serta nguriuri budaya lokal dan sekaligus sebagai media komsos bagi prajurit kepada masyarakat. Disamping itu juga untuk mendekatkan diri kepada masyarakat di Bantul dalam rangka mewujudkan kemanuggalan TNI dengan rakyat," ungkap Dandim Bantul, Letkol (Inf) Yuswanto didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat, Selasa (06/03/2018).

Dari latihan ini nantinya para prajurit akan turut tampil dalam berbagai even kesenian yang digelar di Bantul. Dengan itu masyarkaat akan mengenal prajurit tak hanya dalam kemampuan tempurnya saja melainkan juga kepiawaiannya dalam berkesenian. (Van)

BERITA REKOMENDASI