Prajurit Koramil Kasihan Bersihkan Petilasan Soeharto

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Puluhan prajurit Koramil 03 Kasihan bergotong-royong bersama warga membersihkan Monumen Bibis yang terletak di Desa Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Jumat (22/09/2017). Tempat yang dahulunya sebagai rumah warga ini merupakan lokasi dimana mendiang mantan Presiden Soeharto pernah mendirikan markas untuk mengatur strategi saat perang melawan penjajah.

Ketika berpangkat Letnan Kolonel (Letkol) dan menjabat sebagai Komandan Brigade X Divisi III, Soeharto bersama pasukannya sempat singgah di tempat ini. Untuk mengenang lokasi tersebut, tempat ini kemudian dijadikan sebagai monumen dan menyimpan beberapa benda yang pernah dipergunakan Soeharto saat berada di Bibis.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno menjelaskan, karya bhakti ini digelar sebagai bagian dari rangkaian peringatan HUT ke-72 TNI yang akan diperingati pada 5 Oktober mendatang. Monumen Bibis sengaja dipilih lantaran tempat tersebut menyimpan nilai sejarah perjuangan bangsa yang membawa nama besar TNI AD.

“Di tempat ini Jenderal Soeharto pernah menjadikan rumah tersebut sebagai markas. Tempat ini harus terus dilestarikan untuk menghormati jasa Jenderal Soeharto,” ungkapnya.

Suwarno berharap masyarakat tak melupakan keberadaan Monumen Bibis. Jajaran Kodim Bantul bersama pemerintah desa setempat juga berencana menggagas tempat ini untuk dapat dijadikan sebagai lokasi wisata sejarah.

Selain di Monumen Bibis, kegiatan karya bhakti secara serentak juga dilakukan para prajurit pada hari ini. Beberapa lokasi dipilih seperti cagar budaya Kraton Pleret, pendopo petilasan Jenderal Sudirman di Grogol Parangtritis Kretek dan Gereja Santo Yakobus Klodran Bantul serta Masjid Agung Bantul. (Van)

BERITA REKOMENDASI