Prajurit Satgas TMMD Kodim Bantul Libatkan Diri Ikut Ronda Malam

BANTUL, KRJOGJA.com – Sejumlah prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-99 Kodim 0729/Bantul, yang saat ini tinggal menetap bersama warga di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan, Desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul selama TMMD Reguler berlangsung mulai makin akrab dan menyatu dengan wargas setempat.

Tidak hanya dalam pelaksaan TMMD Reguler saja prajurit Satgas dan Warga bersatu padu, bahu membahu dan bergotong-royong menjalankan penyelesaian sasaran fisik. Namun lebih dari itu, diluar kegiatan TMMD Reguler prajurit Satgas pun masih saja menyatu. Hubungan diluar TMMD bahkan jauh lebih hangat, lebih harmonis.

Prajurit yang tergabung dalam Satgas TMMD reguler yang terdiri dari Yon Armed 3, Lanal Yogya dan Lanud Yogyakarta tampak bukan seperti “tamu” di tengah masyarakat Desa Selopamioro. Dalam hitungan hari saja, masyarakat dan prajurit Satgas TMMD bagai keluarga.

Hal ini dibuktikan, seluruh prajurit yang menginap (tinggal) di rumah warga juga turut melibatkan diri melaksanakan ronda pos kamling. Saban malam, 4 hingga 6 prajurit Satgas TMMD bersama warga berkumpul di pos ronda di tiap-tiap RT, lalu melaksanakan patroli keliling menyisir gang dan rumah-rumah warga menjaga keamanan lingkungan.

Tak ayal, fenomena yang baru sekali ini terjadi di Dusun Kajor dan Dusun Nawungan membuat masyarakat setempat menjadi senang. Menariknya, sejak prajurit Satgas TMMD turut melibatan ronda malam, kini saban malam jumlah peronda di tiap-tiap pos kamling bertambah. Warga yang tidak terkena jatah ronda pun bahkan turut datang, sehingga menambah suasana pos ronda menjadi ramai dan hangat.  (**)

BERITA REKOMENDASI