Prajurit Teritorial Dituntut Cepat Membaca Situasi

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Sebagai prajurit yang bertugas di Kodim, kemampuan penguasaan teritorial penting dimiliki guna menunjang tugas. Tujuannya agar para prajurit dapat diterima di tengah masyarakat dan keberadaannya dapat mampu mengayomimnya.

“Diharapkan anggota Kodim Bantul bisa diterima dengan baik di masyarakat dan setiap melaksanakan tugas diharapkan dikenang oleh masyarakat dengan baik (positif), sehingga kehadirannya dinanti masyarakat,” tegas Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul Letkol (Inf) Yuswanto dalam kegiatan ‘Peningkatan Kemampuan Komunikasi Sosial’ kepada prajurit di makodim setempat.

Didampingi Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul Mayor (Inf) Suwarno, Dandim meminta kepada prajurit untuk selalu meningkatkan komunikasi dengan masyarakat. Jangan sampai keberadaan prajuri justru tak disenangi masyarakat, jika demikian maka tugasnya di lapangan tak akan terlaksana dengan baik.

Dikatakannya pula, sebagai ujung tombak TNI AD seorang prajurit di wilayah harus mampu mendapat informasi yang tengah berkembang di masyarakat. Prajurit harus cepat menangkap gejala sosial yang terjadi di masyarakat agar dapat dilakukan antisipasi dan mengkondisikan dengan cepat.

“Semua anggota Kodim Bantul harus banyak membaca agar mengerti situasi terkini di wilayah binaan masing-masing. Perbanyak membaca agar seluruh anggota Kodim Bantul bisa menyampaikan permasalahan yang sedang berkembang belakangan ini seperti bencana alam, pertanian dan kejadian lainya,” ungkap Kasdim. (Van)

BERITA REKOMENDASI