Prajurit Tutup Tanggul Jebol Gunakan Karung Pasir

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Prajurit Kodim 0729 Bantul membangun tanggul sementara di saluran irigasi Dusun Bibis, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Bantul, Minggu (10/12/2017). Dengan dibantu warga para prajurit menumpuk tumpukan karung berisi pasir untuk menutup tanggul sepanjang 50 meter yang jebol diterjang banjir akhir bulan lalu.

Komandan Kodim (Dandim) 0729 Bantul, Letkol (Inf) Agus Widianto menjelaskan, sebelumnya irigasi tersebut memiliki tanggul permanen. Namun saat hujan deras selama tiga hari dampak Badai Siklon Cempaka hingga mengakibatkan debit air meningkat membuat tanggul tak dapat menahan arus hingga akhirnya jebol.

“Dampak dari jebolnya tanggul tersebut sekitar 40 hektar sawah terendam banjir. Disamping itu sebanyak 173 rumah warga di 4 RT terendam juga ikut tergenang luapan dari air irigasi,” ungkap Agus Widianto melalui Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0729 Bantul, Mayor (Inf) Suwarno di makodim setempat, Senin (11/12/2017).

Untuk sementara tanggul hanya ditutup menggunakan karung berisi pasir karena proses pembangunan belum bisa dilakukan terkendala hujan deras yang masih terus terjadi di wilayah Bantul. Ditegaskannya jika kondisi cuaca sudah normal kembali maka pembangunan tanggul permanen akan segera dilakukan.

Selain membuat tanggul sementara, para prajurit juga melakukan pembersihan rumah warga yang terkena banjir susulan pada Sabtu (09/12/2017). Diketahui banjir yang terjadi akhir pekan lalu membuat air kembali meluap dan menggenangi rumah warga, walau tak separah saat banjir dua minggu lalu. (Van)

BERITA REKOMENDASI