Pramuka Harus Mandiri, Dilakukan Pelatihan Kewirausahaan

BANTUL, KRJOGJA.com – Pramuka Kwarcab Kabupaten Bantul bekerjasama dengan Pemuda Pelopor Pengusaha Muda (PPPM) Bantul mengadakan pelatihan kewirausahaan bagi anggota Pramuka di Gubung Pramuka Jalan Jenderal Soedirman Bantul, Kamis (26/12/2019). Pelatihan selama sehari yang diikuti 60 anggota mengajarkan tentang manajemen wirausaha dan praktik membuat makanan tradisional.

Hj Tanti S SH, salah satu andalan Pramuka Kwarcab Bantul menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya Pramuka Kwarcab Bantul melatih anggota, agar bisa mandiri dan berlatih usaha yang bermanfaat."Sejak awal kita latih, sebagai anggota Pramuka harus mampu hidup mandiri dengan wiraswasta, sehingga tidak harus mengharapkan menjadi pegawai," kata Hj Tanti.

Selain melatih hidup mandiri, pelatihan tersebut untuk memanfaatkan musim liburan Nataru. Selama libur Nataru Pramuka Bantul diajak mengikuti latihan jurnalistik, diikuti 70 Pramuka Ambalan atau setingkat siswa SMA. Juga menyelenggarakan Perkemahan Bhakti Saka dan Wira Karya dengan 200 peserta melakukan pengerukan sungai Celeng Imogiri untuk mencegah terjadinya banjir.

Perkemahan Pramuka Penegak Pendega Putri diadakan di Laguna Samas, melatih Pramuka Putri membuat Jamu Jawa, membuat menu masak dengan harga murah. Kemudian mengadakan kujungan ke Markas PMI Pusat maupun ke Pusat Pendidikan dan latihan Pramuka Pusat. Sementara pendidikan lanjut Pramuka bersama BPBD. PMI dan Tagana. Musim liburan akan diisi membantu pengamanan malam tahun bru 1 Januari 2020.(Jdm)

BERITA REKOMENDASI