Probosutedjo Dimakamkan Samping Pusara Ayahanda

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Para pekerja mulai menggali tanah di salah satu pendopo makam Somenggalang atau Makam Gedong Kemusuk Argomulyo Sedayu Bantul, Senin (26/03/2018) siang. Liang kubur tersebut disiapkan untuk memakamkan almarhum H Probosutedjo yang meningga di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta pagi tadi pukul 07.10 WIB pagi tadi.

Di Ndalem Probosutejan yang juga berada tepat di sebela barat makam berselisih jalan, tampak pula pekerja yang mulai memasang tenda. Sementara keluarga dan masyarakat silih berganti datang untuk melaksanakan takziah adik Presiden Kedua RI, Soeharto tersebut.

Baca juga :

H Probosutedjo Tutup Usia

Probosutedjo Langsung Dimakamkan di Kemusuk

Camat Sedayu, Fauzan Muarifin mengungkapkan Probosutedjo nantinya akan dimakamkan dekat dengan pusara ayahnya yang merupakan tokoh pejuang dari Kemusuk, Atmopawiro. Di sebelah makam ayahnya masih ada satu ruang kosong di tengah yang nantinya digunakan untuk membaringkan jenazah pengusaha sukses tersebut.

“Rencana jenazah akan disemayamkan di pendopo kediaman almarhum yang masih satu kompleks pemakaman tokoh pejuang Kemusuk Somenggalan. Almarhum akan dimakamkan dekat dengan pusara ayahnya,” ungkap Fauzan.

Menurut Fauzan, Probosutedjo akhirnya diperkenankan untuk dimakamkan di kompleks makam pahlawan Kemusuk lantaran jasanya sebagai salah satu pejuang yang melawan Belanda saat agresi kedua 1949. “Pertimbangan itulah akhirnya keluarga dan warga Kemusuk sepakat memakamkan almarhum di Somenggalan bersama dengan 224 jenazah penjuang kemerdekaan agresi kedua,” sambungnya.

Informasi terkini yang dihimpun KRJOGJA.com di lokasi, pukul 15.00 WIB jenazah diberangkatkan dari Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta. Diperkirakan jenazah dan keluarga dari Jakarta tiba pukul 16.45 WIB di Kemusuk. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI