Prodi S1 Sistem Informasi UAA Gelar Sosialisasi E Library di Desa Guwosari

BANTUL, KRJOGJA.com – Universitas Alma Ata (UAA) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Guwosari, Bantul, Yogyakarta mengadakan program literasi digital pada Desa Guwosari, Bantul, Yogyakarta. Acara yang dimoderatori oleh Avrilailla Akbar Harahap, S.Kom., M.Kom ini berlangsung Jumat (24/12/2021), sedangkan pengembangan aplikasinya membutuhkan waktu 1 pekan dihari sebelumnya. Sosialisasi Senayan Library Management System bertujuan untuk mensosialisasikan terobosan baru berupa perpustakaan digital.

“Melalui perpustakaan digital diharapkan bisa meningkatkan motivasi masyarakat, mahasiswa dan dosen untuk mengakses perpustakaan. Hal ini dikarenakan peran perpustakaan sangat strategis bagi masyarakat. Kami berharap perpustakaan Desa Guwosari bisa memberikan pelayanan yang baik dan nyaman bagi masyarakat,” jelas Dr. Kana Safrina Rouzi, M.Si., Ketua Program Pengabdian Masyarakat UAA.

Sementara Yanuar Wicaksono, S.Kom., M.Kom sebagai Lead Developer menjelaskan bahwa ada rencana program akan dilakukan untuk mengembangkan perpustakaan perpustakaan. Perpustakaan digital memiliki modul meliputi bibliography, circulation, membership, master file, stock take, system, reporting, dan serial control.

Perpustakaan digital Desa Guwosari dapat diakses melalui laman https://lib-guwosari.org/. Pengelola perpustakaan digital desa akan memberikan fasilitas yang memadai bagi masyarakat.

“Sosialisasi ini berdampak positif pada pengembangan kreativitas dan mendukung tersedianya referensi yang melimpah baik bagi masyarakat. Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi ini, masyarakat dapat menggunakan E-Journal dan E-Book,” pungkas Dadang Heksaputra, S.Kom., M.Kom pengajar dari Program Studi Sistem Informasi. (*)

BERITA REKOMENDASI