Produksi Kedelai di Bantul Terus Digenjot

BANTUL, KRJOGJA.com – Komoditas kedelai berpeluang sangat besar dikembangkan di Kabupaten Bantul. Namun minat petani di Bantul dalam mengembangkan kedelai sekarang ini perlu terus dipacu. Menggenjot produksi kedelai di Kabupaten Bantul supaya tidak bertumpu impor perlu sinergitas antar instansi pemerintah.

“Tahun 2020 kemarin di Bantul komoditas kedelai dikembangkan di atas lahan 491 hektare. Kemudian tahun 2021 lahan kedelai semakin luas lagi mencapai 700 hektare,” ujar Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan, Dinas Pertanian Perkebunan Kelautan Perikanan (DPPKP) Kabupaten Bantul, Ir Imawan Eko Handriyanto MP, Selasa (19/1).

Imawan mengungkapkan, petani di kabupaten Bantul sejauh ini memang belum begitu tertarik melakukan budidaya dengan komoditas kedelai. Salah satu faktornya karena harga jual dinilai masih terlalu rendah. “Sebelumnya harga jual kedelai di Kabupaten Bantul masih di kisaran Rp 8.000 / kg. Ketika harga diatas angka itu tentu petani tertarik melakukan budidaya kedelai,” jelasnya.

BERITA REKOMENDASI