Program P3TGAI Bangkitkan Sektor Pertanian

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Peresmian Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) TH 2020, aspirasi Drs HM Idham Samawi anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil DIY dipusatkan di Desa Gadingsari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul, Selasa (3/11). Tahun ini sebanyak 30 desa di Kabupaten Bantul mendapat kegiatan P3TGAI untuk membangun jaringan irigasi. Bahkan Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Satuhu Desa Sidomulyo Kecamatan Bambanglipuro Bantul dengan anggaran Rp 195 juta mempu membangun jaringan irigasi sepanjang 500 meter dengan sistem swakelola.

Dalam kunjungan tersebut rombongan juga menyambangi Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) Tirtohargo di Dusun Karang dan didampingi GP3A Gemah Ripah Karang Mujiono dan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Puspita Hati (P4S) Puspita Hati Ponggok Desa Sidomulyo Bambanglipuro Bantul.

Ketua Panitia peresmian sekaligus Lurah Desa Srigading Sanden Mashuri mengatakan, begitu selesai dibangun jaringan irigasi bisa digunakan. Program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Balai Besar Wilayah Sungai Sarayu Opak sangat mendukung sektor pertanian di Gadingsari Sanden Bantul.

“Program seperti ini yang sangat ditunggu masyarakat punya manfaat sangat besar bagi petani. Karena 60 % warga di Gadingsari Sanden bertumpu disektor pertanian,” ujarnya.

BERITA REKOMENDASI