PSA – ISI Yogyakarta Gelar Pameran Fotografi Internasional

Editor: Ivan Aditya

BANTUL, KRJOGJA.com – Photographic Society of America (PSA) bersama Art Photography of Indonesia (anggota klub PSA), kerjasama dengan Jurusan Fotografi, Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta menggelar pameran cetak internasional PSA pertama di Indonesia. Mengangkat tema “Tanpa Batas” pameran digelar di Galeri RJ Katamsi ISI Yogyakarta.

PSA punya komitmen mempromosikan seni fotografi. Termasuk mendorong generasi muda untuk mengekspresikan kreativitas mereka melalui lensa kamera.

Ketua Panitia sekaligus salah satu kurator dari pameran ”Borderless”, Oscar Samaratungga mengungkapkan pameran tersebut kaya akan informasi, edukasi, motivasi serta menjadi perwujudan komunikasi visual dari berbagai budaya dan gaya. Melihat pameran tersebut sudah pasti menumbuhkan kreativitas, memperluas wawasan tentang fotografi dan seni.

Dijelaskan, pameran fotografi internasional tersebut dibuka Rektor ISI Yogyakarta, Prof Dr M Agus Burhan M Hum didampingi Presiden PSA JR Schnelzer secara blended, yaitu luring di Galeri RJ Katamsi, Senin (30/08/2021). Sedang daring melalui Zoom dan Live Streaming di YouTube dengan dihadiri secara virtual para staf pengajar dan pimpinan FMSR ISI Yogyakarta dan anggota PSA dari seluruh dunia.

PSA mengirimkan perwakilannya diantaranya, Agatha Anne Bunanta yang menjabat sebagai International Relationships Vice President (IRVP). Dia juga sebagai Direktur Art Photography of Indonesia sekaligus merupakan kurator dari pameran “Borderless”.

Pameran fotografi internasional “Borderless” mewakili semua jenis dan genre fotografi sebagai bentuk ekspresi seni. Keseluruhan terdapat 243 foto yang dipamerkan terdiri 188 foto dari anggota PSA, 66 diantaranya anggota PSA di dari Indonesia yang berada di 60 negara. Sementara 55 foto dari 55 fotografer, terdiri dari dosen, mahasiswa, dan kolega/mitra kampus dari ISI Yogyakarta. Pameran ini bertujuan mempublikasikan karya fotografi para dosen dan mahasiswa Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta.

Dekan FSMR ISI Yogyakarta, Dr Irwandi MSn mengatakan pameran tersebut diadakan sebagai bentuk kerja sama internasional antara Jurusan Fotografi, FSMR ISI Yogyakarta dengan PSA. Kedepannya akan membuka jejaring lebih luas ke komunitas fotografi internasional lainnya.

“Saya harap pameran internasional ini mampu memperluas wawasan fotografi dan seni dari semua fotografer Indonesia, khususnya para mahasiswa Jurusan Fotografi di FSMR ISI Yogyakarta,” ujarnya.

Sementara Wakil Dekan I FSMR ISI Yogyakarta, Dr Edial Rusli SE MSn mengatakan, pameran tersebut bisa dianggap sebagai suatu capaian dalam memenuhi salah satu Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi. Dosen dan mahasiswa dapat memamerkan karya fotografinya melalui proses kuratorial yang profesional oleh kurator eksternal, dalam hal ini Agatha Anne Bunanta, Wakil Presiden untuk hubungan internasional dari PSA. (Roy)

ISI

BERITA REKOMENDASI