PT Wajib Hasilkan Lulusan Berdaya Saing Internasional

BANTUL, KRJOGJA.com – Perguruan Tinggi (PT) wajib menghasilkan lulusan yang tidak hanya berdaya saing nasional tetapi internasional. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan tenaga pengajar yang bermutu sehingga mampu menghasilkan luludan yang berdaya saing global.

Kepala LDDIKTI Wilayah V, Prof Dr Didi Achjari,SE, M.Com. Akt disela Orasi Ilmiah dalam Sidang Terbuka Senat, Pelaksanaan Dies Natalis ke-17 Sekolah Tinggi Teknologi Adisutjipto (STTA), Jumat (20/12) di Ruang Adi STTA menuturkan PT berperan dalam memberikan kontribusi demi kemajuan bangsa. Adapun untuk menghasilkan lulusan dibutuhkan tenaga pengajar yang bermutu serta sarana dan prasarana  penunjang belajar dan sumber ilmu yang memadai.

"Di lingkungan civitas akademika dibutuhkan kerjasama sinergis dengan semua pihak baik PT , jajaran pimpinan dan pengelola PT, dosen dan mahasiswa. Semua wajib bekerjasama secara sinergis dalam usaha peningkatan mutu melalui berbagai sektor," urainya.
Ditambahkannya, tantangan dalam upaya peningkatan SDM di era saat ini yakni dengan adanya revolusi industri jilid 4 saat ini diharapkan dapat memperbaiki kurikulum supaya dapat menghasilkan lulusan yang siap dengan berbagai tantangan kedepan. "Yang pasti dosen tidak hanya dituntut memberikan dan menyampaikan materi namun mengarahkan dan menfasilitasi kegiatan yang inovatif,"  jelasnya.

Ketua Sekolah Tinggi Teknologi Adisucipto (STTA), Marsda TNI (Purn) Dr. Ir. Drs. T. Ken Darmastono, M.Sc  menambahkan banyak perubahan positif yang dicapai STTA dengan kenaikan akreditasi, mahasiswa berprestasi serta dosen yang berhasil mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan studinya baik di universitas luar negeri ataupun dalam negeri. (Aje)

BERITA REKOMENDASI