Rail Clinik Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

BANTUL, KRJOGJA.com – Ny Endah dan Ny Sabeni sudah merasakan betapa pentingnya rail clinic atau pengobatan diatas kerata api (KA) di Stasiun KA Rewulu Desa Argomulyo Kecamatan Sedayu Bantul, Selasa (5/9). Kemudahan akses kesehatan yang diberikan PT KAI Daop VI Yogyakarta semakin membuat keduanya yakin taraf kesehatan masyarakat di sekitar jalur rel KA di Sedayu Bantul meningkat. 
"Pemeriksaan kesehatan gratis diatas kereta ini dari PT KAI Daop VI Yogyakarta  sudah pasti memberikan kemudahan bagi masyarakat kecil seperti saya," ujar Endah warga Argomulyo Sedayu Bantul usai melakukan pemeriksaan di Stasiun Rewulu. 

Dia mengatakan, bagi masyarakat Argomulyo dan sekiatanya hadirnya rail clinic  punya arti penting untuk peningkatan kualitas kesehatan masyarakat. Apalagi jika program tersebut tidak hanya dilakukan sekali dalam setahun.

Wakil Kepala PT KAI Daop VI Yogyakarta Ida Hidayati didampingi  Manajer Kesehatan PT KAI Daop VI Yogyakarta, dr Welliyansyah, Manajer Humas PT KAI Daop VI Yogyakarta  Eko Budiyanto menjelaskan dalam program rail clinic itu masyarakat bisa memanfaatkan  untuk pemeriksaan umum, gigi, ibu hamil bahkan  didalam KA tersebut juga dilengkapi dengan opotek. 

Selain memberikan pelayanan kepada masyarakat, kata Ida dalam program itu juga dibagikan kacamata gratis kepada siswa SDN Gunung Mulyo dan SDN Panggang. Termasuk penyerahan kursi roda dan paket makanan tambahan.  "Dalam program rail clinic ini, ketika menemukan pasien dengan kondisi sakit serius kami akan memberikan rujukan ," ujar Ida. (Roy)

BERITA REKOMENDASI